Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani Hamid. (Foto: YEYEN)


Peristiwa

Seminggu Sempat Landai, 13 Kasus Positif COVID-19 Padang Hari Ini Dikonfirmasi

PADANG (SumbarFokus)

Hari ini, Rabu (1/7/2020), Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), alami penambahan kasus positif COVID-19 secara signifikan, yaitu sebanyak 13 kasus. Sebelumnya, seminggu belakangan, kasus penambahan COVID-19 di Kota Padang diketahui sempat melandai. Dinas Kesehatan Kota Padang mengungkap 13 kasus positif baru COVID-19 ini merupakan hasil penelusuran dari pasien positif sebelumnya.

"Setelah dua pekan terakhir penambahan kasus baru di bawah lima per hari, pada hari ini 13 kasus baru ditemukan setelah dilakukan penelusuran riwayat kontak dan pelaksanaan surveilans," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Ferimulyani Hamid di Padang, Rabu (1/7/2020).

Hingga saat ini tercatat 519 warga Padang yang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan perincian 27 dirawat, 27 isolasi di rumah, 18 karantina, 23 meninggal dan 424 sembuh. Dari 519 warga yang positif sebanyak 91 persen merupakan orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pengawasan. Sementara pasien dalam pengawasan yang positif hanya sebanyak 8,9 persen atau 45 orang.


“Untuk angka kesembuhan di Padang sudah melampaui angka nasional yaitu 82,6 persen dengan jumlah pasien yang sembuh telah mencapai 424 orang," ujar Ferimulyani.

Terkait dengan tingginya angka masyarakat yang terinfeksi COVID-19 tanpa gejala, menurut dia hal ini perlu diwaspadai dan ditemukan dalam waktu dekat. Oleh sebab itu pihaknya melaksanakan surveilans bersama Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas untuk melakukan tes usap massal di kelurahan. Tujuannya adalah untuk menemukan angka OTG yang masih banyak.

Sementara, Walikota Padang Mahyeldi menyampaikan bahwa pihaknya telah membentuk kongsi COVID-19 di tingkat kelurahan untuk mengantisipasi penularan di era normal baru. Selain itu pihaknya juga akan memperketat pengawasan di pintu masuk kota serta fasilitas umum agar protokol COVID-19 dilaksanakan oleh warga dalam beraktivitas. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018