Gedung aset Pemkab Solok. (Foto: ELISE)


Pemerintahan

Selamatkan Aset Pemda, Bupati Bentuk Tim Khusus

AROSUKA (Sumbar Fokus)

Dalam rangka mendata serta menelisik langsung aset pemerintah daerah Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), yang diduga bermasalah, Bupati Solok Epyardi Asda membentuk dan mengeluarkan surat keputusan untuk pembentukan Tim Penyelamat Aset.

Hal tersebut di sampaikan Bupati saat peluncursan penyerahan secara simbolis alat berat berupa ekskavator pada wali nagari se-Kabupaten Solok, Selasa (19/10/2021), di Dermaga Singkarak.

Adapun aset Kabupaten Solok yang  tidak jelas status kepemilikannya serta adanya dugaan kerugian uang negara di masa kepemimpinan kepala daerah Kabupaten Solok sebelumnya, disebutkan, yang terletak di Daerah Kabupaten Solok maupun di Daerah Kota Solok.


Aset yang akan menjadi target oleh tim penyelamat aset daerah ini adalah seluruh aset yang berada di Kota Solok, baik aset yang masih tercatat kepemilikannya maupun aset yang pernah dilelang atau dijual oleh Pemerintah Kabupaten Solok pada periode sebelumnya.

Tim yang  bentuk ini nantinya akan bekerja untuk mendata serta menelisik langsung terkait dengan aset yang diduga bermasalah. Baik secara administrasi, maupun peninjauan fisik ke lapangan untuk dilakukan investigasi.

"Setelah didapatkan hasil oleh tim ini dan ditemukan adanya kerugian Negara, maka tim akan menyerahkan hasil tersebut kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI," jelasnya.

Di tempat terpisah, Pj. Sekda Pemerintah Kabupaten Solok Medison juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Solok telah mengeluarkan SK terkait Tim Penyelamat Aset, dengan dirinya sebagai Ketua. Selain dirinya, ada Asisten Pemerintahan Edisar Dt. Manti Basa sebagai Sekretaris tim. Kemudian ada anggota antara lain Kepala BKD Editiawarman, Kabag Pemerintahan Syahrial, Inspektorat Daerah Deri Akmal, Kepala Barenlitbang Erizal, Sekdis Kesehatan Zulhendri, dan Kabid Aset Afrialdi. (012)

Di jelaskan oleh Medison bahwa saat ini sudah menjadi rahasia umum bahwa tukar Guling aset Pemkab Solok dan Pemko Solok yang di lakukan pada masa pemerintah daerah Kabupaten Sebelumnya , yang mana pembangunan gedung DPRD Kabupaten Solok yang menghabiskan anggaran Milyaran rupiah tidak di bisa digunakan karna belum jelas status kepemilikannya.

Sehingga sampai saat ini terkesan gedung DPRD yang dibangun dengan dana milyaran tersebut , yang berada tepat di belakang Gedung DPRD Kabupaten Solok saat ini seperti rumah hantu .

Kita Peduli!

Karna sudah lama bangunan tersebut tak memiliki status yang jelas, maka Tim penyelamat aset akan mendata administrasi dan investigasi lapangan ,seandainya di temukan kerugian daerah ,Tim akan mengirim hasil tersebut pada KPK.

 

Tim ini tidak hanya mendata aset tukar guling antara pemko Solok dan Pemkab Solok ,melainkan juga ada aset yang di duga bermasalah.baik yang berada di Kota Solok maupun di luar Kota Solok.ujar Medison.

Dengan adanya Tim ini, diharapkan semua aset aset yang ada di Kabupaten Solok akan jelas status kepemilikannya sehingga nantinya apa yang di bangun dengan uang rakyat bisa di manfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Solok.harap Medison

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021