Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam Isra di ruang kerjanya. (Foto: Anizur)


Pendidikan

Selama Ramadan, Semua Sekolah di Agam Gelar Kegiatan Keagamaan

AGAM (SumbarFokus)

Bulan Ramadan ini merupakan sarana ideal dan saat yang tepat untuk membina, membimbing mental, serta membentuk karakter peserta didik menjadi seorang muslim yang mukmin. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, mewajibkan sekolah-sekolah untuk menggelar kegiatan keagamaan selama bulan Ramadan tahun ini.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam Isra, baru-baru, ini pada wartawan. Imbauan ini, menurutnya, didasarkan pada persetujuan Bupati Agam melalui Telaah Staf Nomor : 421/2103/Disdikbud-2019 tanggal 22 April 2019, tentang pedoman penyelenggaraan kegiatan sekolah di bulan Ramadan.

Diaku, pihaknya telah menyebarkan surat edaran ke sekolah-sekolah berbagai tingkatan untuk menyelenggarakan kegiatan keagamaan saat Ramadan seperti Pesantren Ramadhan, Tahfidz Al Quran dan diskusi keagamaan, serta Festival Ramadhan yang terdiri dari berbagai lomba seperti lomba MTQ, Muhadharah, lomba azan, lomba Khutbah Jumat, lomba penyelenggaraan jenazah, dan cerdas cermat berbasis IMTAQ.

Iklan Dalam Berita

“Setelah libur awal puasa ini, seluruh sekolah diharuskan melaksanakan kegiatan keagamaan seperti Pesantren Ramadhan selama sepuluh hari dari tanggal 9 Mei sampai 18 Mei. Kecuali TK/PAUD dan sekolah SD kelas 1 dan 2,” jelas Isra.

Disampaikan, kegiatan para siswa juga lebih diarahkan ke kegiatan religius agar semakin mendalami ilmu agama. Ini juga sebagai wujud implementasi dari ilmu agama yang sudah diajarkan selama di sekolah.

“Pelaksanaan Pesantren Ramadhan tidak hanya dalam kerangka teori saja, tetapi juga untuk aplikasi dalam kehidupan sehari-hari para siswa," katanya Isra.

Isra juga menyampaikan harapan agar setelah selesai Pesantren Ramadan nanti, pihak sekolah rutin menggelar salat berjamaah di sekolah serta melakukan kegiatan bakti sosial dan lainnya dengan melibatkan para siswa.

"Setelah kegiatan ini, diharapkan pengetahuan agama para siswa dapat bertambah dan sikap religius siswa meningkat. Dengan demikian, para siswa sehabis bulan Ramadan ini dapat mengaplikasikan pengetahuan yang di dapat dalam kehidupannya sehari-harinya,” pungkasnya. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *