ACT Sumbar menyampaikan komitmen membantu penyaluran bantuan makanan untuk Palestina selama Ramadan, dalam jumpa pers di Padang, Minggu (12/5/2019). (Foto: Wahyu)


Lain-lain

Selama Ramadan, ACT Kirim Paket Pangan untuk 5000 Keluarga di Palestina

PADANG (SumbarFokus)

Dua malam menjelang Ramadan 1440 H, Palestina kembali berduka. Perbatasan Gaza dihantam melalui serangan udara oleh Israel. Setidaknya, 60 wilayah menjadi target sasaran, Sabtu, 4 Mei 2019 pekan lalu.

Merespon duka itu, Aksi Cepat Tanggap Sumatera Barat (ACT Sumbar), mengagendakan penyaluran bantuan secara masif untuk Palestina. ACT akan mengirimkan paket pangan lebih dari 5000 keluarga selama bulan Ramadan, dengan 500 porsi makanan siap saji untuk sahur dan berbuka.

"Paket makanan itu disajikan setiap hari, dengan 1,6 juta liter air bersih untuk didistribusikan di seluruh jalur Gaza," ungkap Kepala Cabang ACT Sumbar, Zeng Wellf di Padang, Minggu (12/5/2019).

Iklan Dalam Berita

Bantuan tersebut, sebagai program yang diberikan untuk menghadapi krisis pangan di Palestina. Tentunya ini sebagai bukti sebuah respon cepat, untuk meringankan duka bangsa Palestina di tengah pelaksanaan bulan Ramadan.

Sebelumnya, Vice President ACT Ibnu Khajar juga menyampaikan, pihaknya melihat Palestina ini bukan lagi masalah ringan. Apalagi, Palestina sudah digencar senjata puluhan tahun, dengan memakan jutaan korban jiwa.

Peduli dengan Palestina ini, ACT sudah menginstruksikan relawan dan mitra di jalur Gaza untuk mendistribusikan kesediaan paket pangan, serta bantuan kemanusiaan lainnya, dengan membuka dapur umum sahur dan berbuka puasa untuk warga Palestina.

"ACT mengecam kebiadaban Israel. Makanya kita membantu saudara kita di Palestina agar terus berjuang dan tetap bertahan hidup," tuturnya.

Sementara Direktur Global Humanity Response (GHR) ACT, Bambang Triyono menambahkan, dalam rangkaian program Ramadan 2019 ini, terdapat 25 syeikh Palestina bersama tim ACT datang ke masjid-masjid untuk menginformasikan kondisi di Palestina terkini.

"Syeikh Palestina itu mengajak sahabat dermawan untuk ikut andil dalam perjuangan Palestina. Minimal doa," ungkapnya. 

Dari informasi yang digali SumbarFokus, akibat serangan Israel terhadap jalur Gaza Palestina, banyak memakan korban jiwa, terutama kaum perempuan dan anak-anak, serta meluluhlantakkan sekitar 200 bangunan sepanjang jalur Gaza. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *