Sekretaris Daerah Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan. (Foto: Hendrianto L Raja)


Pemerintahan

Sekda Ingatkan CPNS Mentawai Serius Ikuti Latsar

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, melalui Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II angkatan I dan II Tahun 2019 sebagai salah satu syarat wajib sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan mengingatkan, CPNS Golongan II angkatan I punya tanggung jawab tertentu yang sudah harus dilakukan walaupun masih dalam tahap mengikuti Latsar. Dikatakan, CPNS sudah merupakan bagian dalam sistem pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Jadi sudah harus ikut bertanggung jawab mewujudkan tata-kelola pemerintah yang baik dan bersih. CPNS punya peran penting dalam proses pelayanan publik masyarakat dan merupakan aset negara yang perlu di kembangkan potensi serta keprofesionalan,” kata Martinus usai meninjau pelaksanaan Latsar, Rabu (10/7/2019), di Aula Hotel Jelita Km 0 Tuapeijat.


Martinus juga mengajak masyarakat bersyukur sehingga pemerintahan daerah melalui BKPSDM Kepulauan Mentawai bisa melaksanakan pelatihan dasar CPNS di bumi Sikerei.

"Seebelumnya diselenggarakan di luar Kepulauan mentawai,' imbuhya.

Disebutkan, penting sekali CPNS untuk berpartisipasi secara aktif dalam Latsar ini, sehingga terbentuk karakter dan kompetensi sesuai tujuan jabatan yang di amanahkan hingga sampai menjadi PNS. Secara khusus, Martinus berpesan kepada para peserta agar dapat bersikap profesional, memberikan solusi strategi dan aktual bagi proses pembangunan daerah kabupaten kepulauan mentawai.

Selain itu, Sekda juga meminta agar para peserta Latsar mampu bekerjasama dengan solid, inovatif, kreatif, renponsif dan menjaga kondisi fisik kesehatan agar tetap prima selama mengikuti kegiatan Latsar. Latsar sendiri dijadwalkan cukup lama berlangsung, yaitu mulai Juli sampai September 2019. Sebutnya.

"Dalam Pelatihan Dasar, CPNS diberikan pemahaman, pembinaan mental, wawasan, ilmu pengetahuan dan sikap sesuai tugas tanggung jawab sebagai ASN dalam membangun revolusi mental yag bekerja berbasis kinerja," ujar Sekda. (017)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018