Abu Bakar (baju batik hijau) warga Lundang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam, pemilik sapi kurban Presiden RI yang disumbangkan ke Masjid Raya Sumbar saat Idul Adha 1440. Minggu (11/8/2019). (Foto: Wahyu)


Lain-lain

Seharga Rp80 Juta, Berat Hewan Kurban Sumbangan Presiden RI 1,2 Ton

PADANG (SumbarFokus)

Hewan kurban sumbangan Presiden RI 1,2 ton telah diserahkan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar ke panitia kurban Masjid Raya Sumatera Barat, seusai pelaksanaan salat Idul Adha 1440 hijriah, Minggu (11/8/2019) di Padang.

Sapi seberat 1,2 ton itu merupakan hasil ternak milik Abu Bakar (59) warga Lundang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Berdasarkan pengakuannya, sapi itu dijual seharga Rp80 juta untuk hewan kurban Presiden RI.

“Sapi itu dibeli atas nama presiden Rp80 juta, harga itu menurut saya sudah termasuk pantas. Uang Rp80 juta itu rencana saya beli sapi lagi,” kata Abu saat ditemui usai penyembelihan di pelataran lingkungan Masjid Raya Sumbar.


Abu menuturkan, sapi yang dibeli Presiden RI untuk hewan kurban itu usianya hampir memasuki empat tahun, tepatnya 4 tahun kurang 15 hari. Selama dipelihara, sapi tersebut diberikan pakan ampas tahu, dedak, dan kulit ubi.

“Sapi itu saya pelihara hasil beternak sapi orang lain. Tapi perkembangannya terus dipantau oleh petugas Dinas Petrenakan Sumbar. Lumayan sedih juga ketika sapi ini disembelih, untungnya di rumah masih ada 6 ekor lagi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar Erinaldi mengatakan, berat sapi kurban Presiden RI Jokowi itu semula hanya 1,07 ton. Namun dengan pemberian pakan yang cukup, beratnya bisa bertambah menjadi 1,2 ton.

"Sapi ini tiba di Padang malam minggu tadi malam, dibawa dari Agam," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Keswan Sumbar, jumlah hewan kurban tahun 2019, diperkirakan sebanyak 46 ribu ekor. Jumlah tersebut tidak jauh berbeda dengan jumlah hewan kurban tahun 2018 lalu. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *