Alat bukti sabu sabu ditunjukkan oleh petugas saat jumpa pers, Senin (7/10/2019). (Foto: Hendrianto L Raja)


Hukum

Sedang Transaksi, Pembeli dan Kurir Sabu Diringkus Satresnarkoba Polres Mentawai

TUAPEIJAT (SumbarFokus) 

Diduga sedang melakukan transaksi, pembeli dan kurir narkoba jenis sabu-sabu ditangkap di tepi jalan Dusun Mapadegat, Desa Tuaipejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (5/10/2019) sekira pukul 23.00 WIB. Dari tangan para tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa paket sabu-sabu siap pakai dan siap edar. 

Selain sabu-sabu siap pakai dan siap edar, dari keduanya juga diamankan barang bukti satu buah kaca pirek, satu unit handphone merk Nokia warna hitam, satu helai celana panjang merk Lois warna biru, dan satu helai celana pendek warna putih.

“Penangkapan kedua pelaku itu berdasarkan informasi masyarakat, bahwa ditepi jalan Dusun Mapadegat sering terjadi transaksi narkoba,” ucap Kapolres Mentawai AKBP Dody Prawiranegara saat jumpa pers di mako Polres Kepulauan Mentawai, Senin (7/10/2019).


Disebutkan, kedua pelaku yang telah diamankan tersebut berinisial E (26) dan S (22), yang merupakan warga Dusun Mapadegat. Keduanya sudah lama dicurigai oleh pihak kepolisian.

Setelah di amankan, dalam saku celana E ditemukan dua paket kecil narkotika jenis sabu-sabu, dan diduga akan melakukan transaksi di tepi jalan mapadegat.

"Kedua tersangka bersama barang bukti di bawa ke Polres Kepualuan Mentawai guna penyidikan lebih lanjut," ujar Kapolres.

Adapun tersangka E, sebagai kurir, di kenakan 114 ayat (1) Junto Pasal 112 (1) Jo Pasal 132 (1) Junto Pasal 127 ayat (1) huruf a UU no 35 dengan hukuman pidana 5 tahun hingga 20 tahun penjara, denda paling sedikit Rp1 miliar dan paling banyak Rp10 miliar.

Sementara, tersangka S, sebagai pengguna, dikenakan pasal 112 (1) junto Pasal 132 (1) Pasal 127 ayat (1) huruf a UU no 35 dengan hukuman 4 hingga 12 tahun penjara dengan denda paling sedikit Rp800 juta dan paling banyak Rp1 miliar. (017)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018