Kondisi mobil untuk dibawa mudik perlu prima. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum dilakukannya perjalanan jauh mudik. (Foto: Ist.)


Tekno-Oto

Sebelum Mudik, Periksa Sebelas Komponen Penting Ini Dulu!

JAKARTA (SumbarFokus)

Di tengah melambungnya biaya transportasi udara, pemudik punya kecenderungan untuk menggunakan mobil pribadi Lebaran tahun ini. Selain biaya yang irit, kebebasan dalam berkendaraan juga jadi alasan digunakannya mobil pribadi untuk mudik, terutama perjalanan jauh.

Untuk itu, sebelas bagian penting dari mobil berikut ini perlu diperiksa seksama terlebih dahulu, agar pengendara mengalami perjalanan yang menyenangkan saat mudik karena kondisi mobilnya yang prima!

 


            Kelistrikan dan Air Aki

Apabila tingkat voltase aki mobil lemah, mobil akan  sulit dihidupkan atau aki soak di tengah perjalanan mudik. Terminal aki yang kotor juga wajib dibersihkan dan dikencangkan kembali, karena jika kendor nantinya dapat menyebabkan sistem kelistrikan tidak bekerja sempurna. Oleh karena itu, pengecekan sistem kelistrikan aki perlu dilakukan.
Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika kering, akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik.

 

Oli mesin, Transmisi, Gardan

Oli mesin, transmisi, maupun gardan juga tidak dapat diabaikan dalam pengecekan. Penggantian oli menjadi hal yang penting guna mencegah kerusakan komponen, overheating, menurunnya kualitas mesin, dan borosnya penggunaan bahan bakar.

            Shock Absorber

Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi menyerap guncangan saat melewati gundukan atau lubang, menyusul kondisi jalanan yang tak terduga di jalur mudik. Maka dari itu, pengecekan Shock Absorber dilakukan agar pengemudi selalu merasa nyaman dan terhindar dari bahaya.

            Filter Udara

Perlu dilakukan pengecekan terhadap filter udara karena kondisi filter harus bersih. Ini gunanya untuk mencegah tarikan mesin berkurang, pemborosan bahan bakar, suara mesin kasar, dan mesin tidak bekerja dengan sempurna.

            Filter Oli dan AC

Filter oli yang berfungsi untuk menyaring kotoran pada oli juga tidak boleh luput dari pengecekan agar perlindungan oli terhadap mesin bekerja maksimal dan membuat mesin terawat dengan baik,. Filter AC juga wajib diperiksa agar menyaring udara kotor.

            Tekanan Angin

Menjaga tekanan angin dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan mudik, membuat jarak pengereman lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun tikungan, menjaga daya tahan ban dengan lebih baik, serta dapat menghemat bahan bakar.

            Minyak Rem

Rem merupakan peranti vital kendaraan, sehingga minyak rem yang kotor dapat menurunkan fungsi kerja rem dan mengancam keselamatan Anda maupun pengguna jalan lainnya.

            Air Radiator

Sistem pendinginan mesin juga harus dijaga. Kecukupan air radiator dapat menjaga komponen radiator agar tidak kekurangan air yang menyebabkan mesin panas atau overheat.

            Semir Ban

Menyemir ban secara rutin mungkin terlihat sepele, namun dapat membuat ban tampak bersih seperti baru sesuai warna karet ban asli. Penggunaan semir juga diklaim dapat menjaga elastisitas ban.

 

Wiper

Pandangan pengemudi ketika mudik tidak terganggu kotoran, serta tetap aman berkendara saat hujan. Untuk itu, wiper perlu diperiksa terlebih dahulu sebelum dilakukannya perjalanan jauh.

            Lampu Utama dan Lampu Sein

Kondisi lampu utama dan sein perlu dicek. Periksa kembali sistem kelistrikan terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, tidak ketinggalan bohlamnya. (001)


 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020