Anggota Satpol PP Padang menyita peralatan masak warung kelambu yang berjualan di siang hari selama Ramadan, Kamis (8/5/2019).


Hukum

Satpol PP Padang Razia Warung Kelambu di Bulan Ramadan

PADANG (SumbarFokus)

Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar), merazia warung kelambu yang berjualan di siang hari pada bulan Ramadan 1440 H, Kamis (9/5/2019).

Razia ini dilakukan petugas Satpol PP untuk menegak Peraturan Daerah (Perda), dengan menyisir berbagai kawasan yang diduga terdapat warung kelambu. Misalnya, di kawasan Pasar Raya, Pasar Belimbing, Purus Tiga, dan Bypass Air Pacah.

Kasatpol PP Kota Padang, Al Amin mengatakan akan memberi tindakan tegas bagi warung kelambu yang berjualan di siang hari selama Ramadan. Bahkan, petugas Satpol PP akan ditambah, untuk menyisir tempat-tempat yang digunakan pihak yang tidak berpuasa.


"Kompor dan tabung gas untuk sementara kita sita, dan pemilik warung kita berikan surat panggilan untuk datang ke Mako Satpol PP," kata Al Amin, Kamis (8/5/2019) di Padang.

Ia melanjutkan, apabila yang sudah ditertibkan masih berjualan di siang hari selama Ramadan, akan dibawa dan disita semua barang dagangannya untuk disidangkan. Hal ini dikarenakan sudah melanggar Perda 11 tahun 2005 tentang Trantibum.

Ia berharap sekaligus mengingatkan setelah razia ini, masyarakat yang mempunyai warung nasi di Kota Padang, tidak lagi memfasilitasi sebagai tempat makan siang bagi orang yang tidak berpuasa.

"Mari bersama-sama kita jaga Kota Padang tercinta ini, dengan mengikuti peraturan yang ada," tambahnya.

Terkait hal ini, Pemerintah Kota Padang sangat memberikan apresiasi, dikarenakan telah menjalankan Perda yang berlaku. Pasalnya, tidak dibenarkan bagi pemilik rumah makan atau warung makan berjualan di siang hari selama Ramadan.

Apalagi menurut Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, beberapa waktu lalu, ada pro kontra yang terjadi di Provinsi Bali, agar yang tidak menjalankan ibadah harus menghormati yang beribadah.

"Bali saja berani seperti itu, masa kita di Kota Padang ingin masyarakat berpuasa dengan tenang tidak boleh. Jadi yang tidak puasa harus menghormati yang puasa," tegasnya. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018