Menparekraf Sandiaga Uno (tengah), didampingi Walikota Padang Hendri Septa (paling kanan). (Foto: YEYEN)


Ekonomi

Sandiaga Uno: Padang sebagai Ikon Kuliner Indonesia Diharapkan Jadi Lokomotif Kebangkitan Ekraf

PADANG (SumbarFokus)

Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), disebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, merupakan ikon kuliner Indonesia. Keadaan dan perkembangannya saat ini diharapkan bisa jadi lokomotif dari kebangkitan (perekonomian kreatif) Indonesia.

“Mudah-mudahan PPKM juga bisa terus ditekan agar pariwisata dan ekraf segera bangkit,” ujarnya saat diwawancara di sela kegiatan workshop untuk pelaku ekonomi kreatif di Padang, Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia, Minggu (29/8/2021).

Dalam pertumbuhan ekonomi kreatif, dikatakan, digitalisasi merupakan tantangan tersendiri saat ini.


“Saat ini kita akan bantu. Digitalisasi ini kita pacu dan kita tingkatkan keragaman dan nilai tambah,” ujarnya.

Sandiaga mengemukakan, sektor kuliner merupakan sektor yang sanagt potensial saat ini untuk dikembangkan.

“Selama kita masih punya mulut dan perut, (yang cocok untuk dikembangkan) itu kuliner. Tapi kulinernya harus memiliki nilai tambah dan harus masuk dalma era dgitalisasi. Do what you love, love what you do (red-Kerjakan apa yang kamu cintai, dan cintai apa yang kamu kerjakan),” tuturnya.

Selain kuliner, disebut juga fesyen merupakan sektor yang potensial untuk mendukung perkembangan ekonomi kreatif saat ini. Hal tersebut karena fesyen dinamis, terus berkembang, dan penuh variasi. Namun demikian, kemampuan mendigitalisasi saat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung dijalankan ekonomi kreatif di sektor tersebut.

Sandi juga memberi solusi untuk maju dan berkembangnya satu ekonomi kreatif dijalankan. Solusi itu adalah product (produk), place (tempat), promotion (promosi), dan pakcaging (pengemasan).

Empat hal itu merupakan kunci dasar, yang kemudian perlu juga didukung oleh strategi-strategi lainnya.

Kita Peduli!

Dari pemerintah, Sandiaga menambahkan, memberi berbagai dukungan juga untuk mendampingi para pelaku usaha ekonomi kreatif seperti dukungan pelatihan, pendampingan, pemasaran, pelaporan keuangan, perizinan, dan akses pembiayaan. (003)

 

 

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021




      sumbar