Longsor di Tatanan Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, Selasa (11/6/2019). (Foto: Anizur)


Bencana

Salareh Aia-Palembayan Agam Telah Bisa Dilewati Kembali

AGAM (SumbarFokus)

Jalan Provinsi di kawasan Tanaman Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), telah bisa dilalui kembali sejak Rabu dini hari (12/6/2019). Hal ini ditegaskan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Rabu (12/6/2019).

Kepala Pelaksana BPBD Agam Luthfi, saat dihubungi wartawan mengatakan, pembersihan material longsoran yang mengakibatkan terputusnya akses jalan Salareh Aia-Palembayan berhasil dibuka kembali sekira pukul 04.00 WIB. 

"Alhamdulilah, jalan akses jalan Provinsi yang tertimbun longsor, subuh tadi berhasil dibuka. Saat ini, jalanan tersebut sudah bisa ditempuh kendaraan roda dua maupun roda empat," ungkapnya.


Disampaikan, pembersihan material longsoran tersebut dilakukan oleh petugas BPBD Agam  bersama TNI/Polri serta warga setempat dengan menggunakan dua unit alat berat Provinsi.

"Ada tiga titik longsor di Jorong Tamtaman. Semuanya sudah dibersihkan dengan menggunakan dua alat berat Provinsi," sebut Luthfi.

Meski sudah bisa dilalui, BPBD Agam mengimbau warga dan pengendara tetap waspada melintasi jalan tersebut. Hujan yang masih mengguyur kawasan tersebut berpotensi menimbulkan longsor susulan.

"Karena intensitas hujan masih tinggi dan berkemungkinan terjadi longsor kembali, alat berat tetap disiagakan dikawasan itu," katanya.

Diketahui sebelumnya, tingginya intensitas curah hujan di sebagian wilayah Kabupaten Agam sejak Selasa (11/6/2019) mengakibatkan sejumlah kecamatan alami musibah longsor dan banjir. Sejauh ini, bencana banjir dan longsor tersebut tidak memakan korban jiwa. (007) 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam