Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (kanan) menyalami Walikota Padang Mahyeldi (kiri) dalam momen pelantikan. (Foto: Ist.)


Pariwara Pemerintah Kota Padang

Sah, Mahyeldi-Hendri Septa Pimpin Kota Padang Lima Tahun ke Depan

PADANG (SumbarFokus)

Senin (13/5/2019), Mahyeldi dan Hendri Septa, pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Padang beberapa waktu lalu, dilantik jadi Walikota dan Wakil Walikota Padang Periode 2019-2024. Senin pagi itu, jadi permulaan hari bagi pasangan Mahyeldi-Hendri Septa untuk melangkahkan kaki memimpin eksekutif di Kota Padang. Pelantikan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno di Auditorium Gubernuran.

Pelantikan ini sendiri didasarkan kepada Surat Keputusan (SK) Mendagri Nomor : 131.13-989 Tahun 2019 tanggal 12 April 2019 tentang Pengangkatan Wali Kota Padang Provinsi Sumatera Barat serta SK Mendagri Nomor : 132.13-990 Tahun 2019 tanggal 12 April 2019 tentang Pengangkatan Wakil Wali Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Dalam momen pelantikan tersebut, Gubernur Sumbar mengingatkan kepada Walikota dan Wakil Walikota, Mahyeldi dan Hendri Septa, agar tidak melupakan janji-janji kampanye yang dulu ditabur saat masa penyisihan sebelum terpilih untuk memimpin Kota Padang. Keduanya mengucapkan sumpah jabatan dan dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas.

Iklan Dalam Berita

Usai pelantikan di Gubernuran, Walikota dan Wakil Walikota kemudian mengikuti agenda Rapat Paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang untuk menyampaikan visi dan misi kerja pembangunan yang akan dilakukan lima tahun ke depan.

Visi dan misi yang disampaikan Mahyeldi dan Hendri Septa dalam paripurna tersebut di antaranya adalah mewujudkan masyarakat madani, menjadikan pendidikan sebagai basis masyarakat madani, menjadikan perdagangan sebagai basis masyarakat madani, menjadikan pariwisata sebagai basis masyarakat madani, dan menjadi kota unggul dan berdaya saing.

Sedangkan misi Walikota Padang, disampaikan, yakni meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman, kreatif, inovatif dan berdaya saing. Kemudian, mewujudkan Kota Padang yang unggul, aman, bersih, tertib, bersahabat, dan menghargai kearifan lokal.Meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Padang yang inklusif, mewujudkan Kota Padang sebagai pusat perdagangan dan ekonomi kreatif. Meningkatkan kualitas pengelolaan pariwisata yang nyaman dan berkesan, lalu menciptakan masyarakat sadar, peduli dan tangguh bencana. Serta, meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang bersih dan pelayanan publik yang prima.

Sementara, Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti mengucapkan selamat kepada Walikota dan Wakil Walikota, mewakili seluruh anggota Dewan. Dia juga menyatakan terimakasih kepada Mahyeldi dan Emzalmi, dalam kapasitas sebagai orang-orang yang sebelumnya memimpin Kota Padang.

 “Banyak perubahan Kota Padang ke arah yang lebih baik selama masa jabatan Beliau berdua. Untuk itu, atas nama Pimpinan dan angggota DPRD neserta masyarakat Kota Padang Kami berikan apresiasi atas prestasi dan jasa-jasa Saudara dalam membangun Kota Padang lima tahun belakangan ini,” sebut Elly.

Elly menegaskan, sebagai mitra, DPRD Kota Padang akan terus mengkawal pembangunan Kota sesuai visi dan misi Walikota Padang. Visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Padang sendiri tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

“Jadi program pembangunan harus sesuai dengan visi dan misi itu. masing masing anggota akan membahas laporan wali kota ini,” kata Elly. (par)

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *