Warga Nagari Talang. Irmalis Sabri, menerima bantuan program bedah rumah yang disampaikan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi. (Foto: M. SHIDDIQ PUTRA)


Pemerintahan

Safari Ramadan Gubernur di Talang, Bantuan Mulai dari Semen hingga Program Bedah Rumah Disampaikan

KABUPATEN SOLOK (Sumbar Fokus)

Suhu terasa sangat dingin malam itu di Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (22/4/2021) malam. SumbarFokus.com berkesempatan mengikuti rombongan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengunjungi warga di Kecamatan Gunung Talang melalui kegiatan Safari Ramadan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar. Masyarakat terlihat tidak sedikit mendatangi masjid untuk melaksanakan ibadah salat Isya dan Tarawih berjamaah, sekaligus melihat langsung kehadiran Gubernur Mahyeldi, yang diketahui akan mengunjungi mereka di masjid malam ini.

Terlihat kemudian, setelah ibadah salat selesai ditunaikan, Gubernur bersendagurau dengan jamaah yang hadir, sehingga menimbulkan celetuk tawa bahagia. Gubernur juga tak lupa mengingatkan para jamaah untuk selalu menjaga protokol kesehatan, mengingat wabah COVID-19 di Sumbar saat ini mengalami peningkatan.

Dalam kesempatan malam itu, Gubernur juga menjelaskan mengenai kehadirannya dan rombongan ke Masjid Raya Talang.


“Ada beberapa tim, ada anggota DPRD, kemudian juga dari Forkopimda. Alhamdulillah, pada kesempatan ini, rombongan ini ada juga  Semen Padang, kemudian juga Bank Nagari, dan juga memberikan bantuan untuk bangunan masjid ini. Dan Insyaallah juga kita akan melakukan bedah rumah untuk warga yang rumah nya tidak layak di daerah ini," tuturnya.

Diwawancara wartawan, Mahyeldi juga menyampaikan bahwa dalam lima tahun ke depan akan fokus mengembangkan visi misi yang sudah disusun sebelumnya, berkaitan dengan pertanian, pariwisata, pendidikan, dan UMKM.

Sementara, Pj Bupati Solok Heri Nofiardi, yang ikut mendampingi Gubernur, menyampaikan harapan agar kehadiran Gubernur malam itu bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

"Semoga kehadiran beliau memberi pencerahan bagi kita bersama, juga semoga masjid kita ini dapat segera kita selesaikan (red-pembangunannya), dapat segera kita tuntaskan bersama," katanya.

Terlihat masjid penuh oleh jamaah yang hadir, namun tetap dengan para jamaah mengenakan masker.

Ketua Pengurus Masjid Raya Talang sendiri, Nasruddin, mengakui bahwa kunjungan Mahyeldi ini merupakan kunjungan yang pertama kali ke Masjid Raya Talang.

Kita Peduli!

Dalam kesempatan itu, Nasruddin menyampaikan bahwa Pengurus mengharapkan adanya sumbangan dari masyarakat dan para dermawan, sehingga sesuai target, di pertengahan tahun 2022, gedung baru Masjid Raya Talang yang dibangun di atas lahan seluas 2600 meter persegi itu sudah bisa diresmikan. Dia juga mengakui bahwa sudah ada dana bantuan Bupati Solok melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Solok Tahun 2020, tetapi karena COVID-19, dana tersebut dialihkan untuk bantuan COVID-19.

"Masjid kita ini memiliki tiga tingkat. Dana satu koma lima miliar rupiah untuk pembangunan masjid, dan selanjutnya kita mendapatkan bantuan pemasangan kubah besar yang berkonsep Madinah yang akan dikelilingi oleh empat kubah kecil di sekelilingnya," terang Nasruddin.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan hibah dari Provinsi Sumbar oleh Gubernur kepada Pengurus Masjid Nagari Talang, disusul bantuan dari Bank Nagari, bantuan dari PT Semen Padang berupa tiga ratus sak semen, bantuan Alquran sebanyak dua puluh eksemplar oleh Kakan Kemenag Sumbar, dan penyerahan secara simbolis bantuan bedah rumah atas nama Ibu Irmali Sabri.

Dalam acara itu, turut hadir Kepala Kanto (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar, Penjabat (Pj) Bupati Solok, Kakan Kemenag Kabupaten Solok, Camat Kecamatan Gunung Talang, Wali Nagari Talang, Pengurus Masjid Raya Talang, dan berbagai tokoh masyarakat sekitar seperti alim ulama serta cadiak pandai. Sedangkan ceramah Ramadan malam itu disampaikan oleh Ustadz Siril Firdaus, MA. (018)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021