Satu randang disalurkan ke korban bencana banjir dan longsor di Bengkulu. (Foto: Wahyu)


Bencana

Sabtu Besok, Satu Ton Randang dari Sumbar Disalurkan untuk Korban Bencana di Bengkulu

PADANG (SumbarFokus)

Sabtu (4/5/2019) besok, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar), akan menyerahkan bantuan randang kepada korban terdampak bencana banjir dan longsor di Bengkulu.

"Sabtu besok, randangnya langsung dibagikan ke warga yang terdampak bencana banjir di Bengkulu," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Jumat (3/5/2019) di Padang.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur juga sudah menyampaikan, bahwa randang akan diangkut melalui jalur darat dari Kota Padang. Kemudian, hari Sabtu bisa diserahkan kepada korban bencana.

Iklan Dalam Berita

"Kita akan langsung menyalurkan randang ke posko pengungsian, dan ke rumah masyarakat setempat," kata Rumainur.

Dikatakannya, adapun jalur tempuh dari Padang ke tempat pengungsian, setidaknya memakan waktu 15 jam. Adapun jumlah randang yang akan disalurkan mencapai satu ton, yang dikumpul dari ASN dari berbagai OPD, serta sumbangan masyarakat Sumbar.

"Alhamdulillah, kamarin hanya sebanyak 836 kilogram, hari ini bisa tercapai satu ton," sebutnya.

Dua hari sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno telah menginstruksikan ASN dari berbagai OPD mengumpulkan randang. Kemudian, BPBD Sumbar bergerak cepat dalam pengumpulan randang ini, sekaligus sebagai tempat sementara pengumpulan randang.

"Kita ingin penyaluran randang ini segera disalurkan agar dapat memenuhi logistik masyarakat terdampak bencana di Bengkulu," ungkap Irwan waktu itu.

Selain di Bengkulu, bantuan serupa juga pernah dilakukan Pempro Sumbar untuk korban bencana daerah lainnya. Diantaranya, gempa Aceh, gempa dan tsunami Sulawesi Tengah, gempa NTB dan tsunami Selat Sunda di Lampung dan Banten. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *