Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan sapi Kurban dari Presiden RI Joko Widodo di Masjid Raya Sumbar, Sabtu (1/8/2020). (Foto: Ist.)


Ekonomi

Rp700 Miliar Uang Jual Beli Ternak Tahun ini Berputar di Sumbar

PADANG (SumbarFokus)

Di momen Idul Adha tahun ini di Sumatera Barat (Sumbar), diungkapkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, terjadi perputaran uang jual beli ternak sebesar Rp700 miliar.  Hal itu disampaikan Gubernur di sela kegiatan penyerahan sapi Kurban Presiden RI Joko Widodo kepada Ketua Pengurus Masjid Raya Sumbar Sobhan Lubis, Sabtu (1/8/2020).

Sapi Qurban Presiden RI ini sendiri merupakan hàsil peternakan yang ada di Sumbar, setelah melewati persaingan ketat dalam seleksi pemilihan sapi quran oleh Dinas Peternakan Sumbar.

"Dan sapi yang terpilih merupakan sapi yang paling baik dan bagus di Sumatera Barat. Kita menyambut baik ini kegiatan selain memberi gairah terhadap peternak Sumbar walaupun masa pandemi COVID-19, motivasi semangat ibadah Kurban masyarakat sangat tinggi. Dan ini terlihat dari perputaran uang beredar sebesar 700 miliar tahun ini dalam kegiatan jual beli ternak di Sumatera Barat," ujar Gubernur.


Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada Presiden, yang setiap tahun selalu memberikan sapi Kurban di Sumbar, dengan tahun ini sapi yang terpilih adalah sapi seberat 1,2 ton yang berasal dari peternak Solok.

"Alhamdulillah, setelah dilakukan penyerahan ini akan langsung disembelih dan langsung dibagikan masyarakat melalui panti-panti, dan kepada masyarakat di daerah-daerah miskin yang membutuhkan," kata Gubernur lagi.

Di tempat yang sama, Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri mengemukakan bahwa dalam momen ibadah Kurban tahun ini di Sumbar, jumlah hewan Kurban adalah sebanyak 32.632 ekor.

"Ternak Sapi sebanyak 29.204 ekor, ternak kambing sebanyak 3.119 ekor dan kerbau 329 ekor, yang tersebar di masjid, musala, dan beberapa tempat umum di Sumatera Barat. Ini bukti bahwa masa pandemi tidak mengurangi kegiatan ibadah Kurban di Sumatera Barat," ungkapnya.

Sementara, Ketua Pengurus Masjid Raya Sumbar Sobhan Lubis menyampaikan, penyembelihan sapi presiden dilaksanakan di Masjid Raya Sumbar ini, dan tempat pemotongan kali ini akan menjadi tempat pemotongan sapi permanen ke depannya.

Daging Kurban sendiri kemudian diantar langsung oleh Panitia dan dibagikan melalui RT/RW setempat agar tidak menimbulkan kerumunan di lokasi masjid. (000)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      sumbar