Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah dan Kepala Kantor Kemenag Padang H. Marjanis saat menghadiri wisuda akbar tahfiz tingkat Kota Padang di UPI Convention Center, Rabu (22/1/2020). (Foto: Ist.)


Pendidikan

Ribuan Siswa Madrasah Ikuti Wisuda Akbar Tahfiz Tingkat Kota Padang

PADANG (SumbarFokus)

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang menggelar wisuda tahfiz akbar pertama tingkat Kota Padang, di Gedung Convention Universitas Putra Indonesia (UPI), Lubuk Begalung, Rabu (22/1/2020).

Hadir pada wisuda akbar tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumbar diwakili Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Syamsul Arifin, Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, Kakan Kemenag Kota Padang H. Marjanis, Rektor UPI, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Kasubag TU Kemenag Padang Tan Gusli, para kasi, pengawas madrasah dan PAI, kepala madrasah, kepala KUA, pendamping, dan orangtua peserta wisuda. 

Adapun jumlah wisudawan/ti tahfiz akbar pertama ini sebanyak 1.075 orang yang terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah 210 orang, Madrasah Tsanawiyah 549 orang, dan Madarsah Aliyah 316 orang. 


Sedangkan rincian hafalan terbanyak tingkat MI 11 juz, tingkat MTs 9 juz, dan MA 30 juz. 

Peserta terbanyak adalah MTsN 6, MTsN 2, dan MTsN 1 Kota Padang.

Prosesi wisuda berlangsung sangat khidmat, apalagi ketika tim penguji memberikan soal tahfiz kepada peserta wisuda mulai dari 1 sampai 30 juz. 

Semua peserta mampu menjawab atau menyambung ayat yang dibacakan penguji dengan lancar, fasih, sahdu, dan dengan perasaan yang mendalam. 

Kakan Kemenag Kota Padang H. Marjanis dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan wisuda tahfiz akbar pertama tingkat Kota Padang itu merupakan bukti dukungan terhadap empat program unggulan bidang keagaaman Walikota Padang yaitu program Padang Menghafal, Program 18-21, Didikan Subuh, dan Program Ketahanan Keluarga di mana wujud dari semua program itu adalah kembali ke Alquran.

Sementara Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabid Dikmad H. Syamsul Arifin mengungkapkan apresiasinya kepada Kemenag Kota Padang yang telah mengangkat perhelatan besar itu dengan sukses. 

Menurutnya, Kemenag Kota Padang merupakan yang pertama di Sumbar yang melaksanakan wisuda tahfiz akbar itu.

Sedangkan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya Wisuda Akbar Tahfiz Alquran itu. 

Ia menyebut program hafiz quran sejalan dengan apa yang telah dicanangkan dan dilaksanakan di Kota Padang sejak tahun 2015 lalu yaitu Program Padang Penghafal Alquran.

"Alhamdulillah, madrasah di bawah naungan Kemenag juga melakukan program serupa. Sehingga bisa dikatakan sudah ribuan orang sesungguhnya di Kota Padang yang menjadi penghafal Alquran dan setiap tahunnya terus bertambah,” ujarnya.

Lebih lanjut walikota yang juga seorang da'i itu berharap kepada para orangtua, tokoh masyarakat, dan juga guru-guru baik di madrasah atau di sekolah serta di TPQ-TQA dan MDA agar senantiasa mendorong anak-anaknya dan generasi muda untuk cinta dan hafal Alquran. 

Pada kesempatan itu, Wako Mahyeldi juga memberikan reward kepada peserta didik di madrasah yang hafal Alquran. Yaitu untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) bagi yang hafal Alquran di atas tiga juz, lalu untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah yang hafal Alquran lima juz, serta di tingkat Madrasah Aliyah yang hafal sampai 30 juz Alquran.

“Semoga ke depan akan lahir ribuan hafiz di Kota Padang,” ungkap ketua Panitia Rani. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agamapadang