GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto membacakan ikrar PLN dalam Apel PLN Siaga Pemilu, Senin (1/4/2019). (Foto:Ist.)


Lain-lain

Ribuan Personil PLN UIW Sumbar Siap Amankan Pemilu 2019

Padang (SumbarFokus)

Lebih dari seribu orang personil pelayanan keandalan disiapkan oleh PLN Unit Induk Wilayah (UIW)  Sumatera Barat (Sumbar) melalui salah satu anak perusahaan PLN UIW Sumbar demi kesuksesan Pemilu 2019. Disiapkan pula 34 tim mobil personil dan 121 tim motor yang telah siaga menyambut pesta demokrasi di April ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh General Manager (GM) PT. PLN (Persero) UIW Sumbar Bambang Dwiyanto saat Apel PLN Siaga Pemilu di halaman parkir Gelora Olahraga (GOR) H Agus Salim Padang, Senin (1/4/2019). Kegiatan yang berlangsung di tengah gerimis ini dihadiri oleh seluruh manajemen PLN dan PT. Haleyora Poweri, Ketua KPU Sumbar, dan beberapa pihak penting lainnya.

Bambang Dwiyanto mengatakan, apel bersama gelar pasukan siaga ini merupakan bukti komitmen PLN untuk senantiasa menjaga keandalan pasokan listrik, dan PLN  siap menyokong kebutuhan kelistrikan selama proses pemilu pada 17 April mendatang.

Iklan Dalam Berita

"Dengan pasokan yang mencapai 635,6MW, PLN Sumbar saat ini siap melayani kebutuhan kelistrikan untk 19 kabupaten dan kota yang tersebar diseluruh Provinsi Sumatera Barat. Saat ini beban puncak di Sumbar mencapai 602,7 MW, sehingga masih ada surplus sekitar 33 MW," jelasnya. 

Dikatakan, PLN juga telah menyiagakan enam posko siaga utama dan 152 posko siaga pelayanan yang tersebar di 30 Unit Layanan Pelanggan (ULP) se-Sumbar.

Tambahnya, komitmen untuk mendukung kesuksesan pemilu 2019 tidak hanya dalam bentuk pelayanan teknik untuk keandalan pasokan, namun juga pelayanan non-teknis yang senantiasa siaga diberikan. 

Ada satu layanan spesifik diberikan PLN UIW Sumbar untuk Pemilu, yaitu layanan TPS Tarang, Bagimu Negeri yaitu layanan penyambungan sementara bagi seluruh TPS yang ada di Sumbar pada hari pemungutan suara.


"Diharapkan kehadiran personil dan program TPS Tarang dari PLN Sumbar mampu memudahkan pemungutan suara yang pada tahun ini akan diadakan di 16.530 TPS" katanya.

Disebutkan juga, ada beberapa titik-titik yang menjadi fokus PLN di masa Pemilu ini seperti gedung KPU,  gedung kecamatan, dan 16.530 TPS. Masa siaga juga sudah dimulai sejak 14 Maret sampai 25 Mai.

Terkait kinerja SDM PLN UIW Sumbar, Bambang mengimbau agar seluruh personil menjaga ikrar SDM PLN. Terkait suasana Pemilu 2019, Bambang menyebutkan bahwa PLN tetap netral, tidak berpihak kepada siapapun. 

"Kami berpesan kepada seluruh personel, untuk mentaati SOP dan senantiasa menjaga keselamatan dalam bekerja, sebab tidak ada satupun yang lebih berharga dari nyawa kita" pesan Bambang lagi.

Sementara, Ketua KPU Sumbar  Amnasmen menambahkan, sebagai penyelenggara Pemilu, KPU merasa kebijakan manajemen PLN merupakan sesuatu yang luar biasa. Selama ini proses pemilu selalu risau dengan hal-hal yang berhubungan dengan kondisi di TPS. 

"Kebanyakan kawan-kawan di TPS mengalami kesulitan,  baik pra pemungutan suara,  maupun pasca pemungutan suara. Kami berharap untuk daerah-daerah yang tidak dipasok listrik ada solusi dari PLN,  sebab ini akan menjadi masalah saat penghitungan dan transparansi kita saat penghitungan suara," harapnya. (013)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *