"Bintang Sains Dharmasraya" diharapkan jadi saranan pendorong peningkatan kualitas siswa di Dharmasraya. (Foto: Ist.)


Pendidikan

Ribuan Penonton Antusias Saksikan "Bintang Sains Dharmasraya"


DHARMASRAYA (SumbarFokus)

Bintang Sains Dharmasraya disambut antusias siswa SD, SMP dan SMA se-Dharmasraya. Ribuan siswa cerdas di daerah bekas Kerajaan Melayu Sumatera itu bersaing ketat berebut predikat sang bintang.

Hari ke-dua Bintang Sains Dharmasraya disaksikan ribuan penonton dari kalangan pelajar, guru dan orangtua siswa. Seratus peserta lomba tingkat SD dan SMP yang lolos babak final unjuk kebolehan menjawab soal-soal sains.

Persaingan berlangsung ketat di tingkat SD yang diikuti sekitar 900 siswa sejak kamis 26 September. Dalam babak final SD yang berlangsung Jumat siang (27/9/2019), murid SD Negeri 09 Sungai Rumbai atas nama Friska Dwi Zakia akhirnya berhasil sebagai pemenang. Disusul juara dua Mutia Arifa dari SD Negeri 10 Tiumang, dan juara tiga diraih Kirani Alkhumairah dari SD Negeri 01 Kotobaru.


Sedangkan di tingkat SMP, ratusan juara kelas SMP se-Dharmasraya tidak kalah alotnya meraih predikat sang bintang.

Sekitar 245 siswa adu pintar memecahkan soal matematika, fisika, biologi dan kimia yang disiapkan tim pengajar dari Universitas Negeri Padang.

Persaingan berlangsung tegang pada babak final. Siswa-siswi SMP dari Kecamatan Koto Baru akhirnya membuktikan diri menjadi yang terbaik dengan meraih juara satu dan juara tiga. Juara satu direbut M Fauzil Irsyad dari SMP Negeri 1 Koto Baru, yang juga peraih emas Olimpiade Sains Matematika tingkat Kabupaten. Juara dua diraih Mulia Nazwa dari SMP Negeri 1 Pulau Punjung. Dan juara tiga direbut siswi SMP Negeri 2 Koto Baru.

Kepala Dinas Pendidikan Dharmasraya, Marius yang menyaksikan babak final SMP, telah memprediksi para siswa yang bakal juara dan 10 besar Bintang Sains yang lolos ke tingkat provinsi. Pasalnya, mereka telah menunjukkan konsistensinya sebagai langganan juara dalam setiap lomba sains.

“Saya mengapresiasi sekolah yang peserta didiknya masuk 10 besar, yang nantinya bersaing di Bintang Sains tingkat provinsi,” kata Marius didampingi Kabid Pendidikan Dasar Indra Friedi usai penyerahan trofi dan hadiah pada pemenang.

Sementara untuk Bintang Sains Tingkat SMA digelar Sabtu (28/9/2019) di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar Adib Alfikri, yang akan menyaksikan perlombaan, mendorong sekolah berpartisipasi aktif mengikutsertakan para siswanya dalam ajang adu otak tersebut.(015)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      dharmas-raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *