Pariwara DPRD Kota Padang

Reses Penting untuk Menjaring Aspirasi Masyarakat

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang,  Elly Thrisyanti,  menekankan bahwa masa reses penting dimanfaatkan sebaik mungkin,  di mana di masa ini para anggota dewan bekerja di luar gedung DPRD, dalam kurun waktu tertentu, untuk bertemu dan menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing.

"Melalui reses, kita menjaring dan menampung aspirasi serta melaksanakan fungsi pengawasan. Biasanya kegiatan ini juga dikenal dengan kunjungan kerja (red-Kunker),"  ujar Ketua Elly Thrisyanti kepada para konstituennya di Parak Laweh Pulau Aie Nan XX, Sabtu (27/10/2018).

Menurut Elly,  saat melakukan reses,  para anggota dewan bisa melakukan kunjungan terhadap konstituent di lima lokasi sekaligus. Dengan demikian,  aspirasi yang terjaring juga banyak dan bisa diambil keputusan-kputusan terbaik yang sifatnya strategis.


Elly juga menyebutkan bahwa melalui kegiatan reses,  anggota Dewan sekaligus memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat. 

"Masyarakat tidak boleh tidak mau tahu akan politik. Mereka harus tahu karena hal tersebut menyangkut masa depan mereka," ujarnya.

Dalam reses yang dilakukan Elly,  tampak masyarakat antusias mengikuti.  Di antara mereka menyampaikan apresiasi dan usulan terkait kepentingan lingkungan mereka. 

Melalui reses juga,  katanya,  anggota Dewan berarti menunjukkan bahwa diri mereka bukanlah "kacang yang lupa kulitnya", yang begitu terpilih malah tidak mengingat amanah dari masyarakat daerah yang mempercayainya. 

Elly sendiri, dalam masa reses tersebut, menyempatkan diri berkunjung ke sejumlah tempat di daerah pemilihnya. (*)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020