Setelah merekomendasikan 12 TPS di Solok Selatan untuk PSU, kini dua TPS lagi bertambah berdasarkan pertimbangan Bawaslu Solok Selatan. (Foto: Ist.)


Politik

Rekomendasi PSU di Solok Selatan Jadi 14 TPS

PADANG ARO (SumbarFokus)

 

Rekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) bertambah jadi 14 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solok Selatan  menetapkan rekomendasi untuk 12 TPS di daerah tersebut.
Dijelaskan oleh Ketua Bawaslu Solok Selatan M Ansyar, di Padang Aro, Senin (22/4/2019), menjelaskan bahwa  tambahan Pemungutan Suara Ulang berada di Kecamatan Sungai Pagu dua yaitu TPS 10 Koto Baru dan 13 Pasir Talang.

"Setelah dilakukan penelitian di lapangan ditemukan pemilih di TPS 10 Koto Baru dan 13 Pasir Talang menggunakan identitas luar daerah untuk memilih dan itu menyalahi aturan sehingga direkomendasikan PSU," katanya.


Dengan demikian, berarti rekomendasi PSU diberikan untuk Kecamatan Sangir di tiga Nagari yaitu Lubuak Gadang berada di TPS 09, 12, 13, 27, Lubuak Gadang Selatan di TPS 15, 32 dan Lubuak Gadang Utara di TPS 12.

Kemudian, di Kecamatan Pauah Duo di dua Nagari yaitu Pauah Duo di TPS 01, 02, dan Luak Kapau TPS 07.

Selain itu, di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh berada di Nagari Pakan Rabaa Timur di TPS 04 dan Pakan Rabaa TPS 08.

Sesuai pasal 549 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Dalam hal KPU Kabupaten/Kota tidak menetapkan pemungutan suara ulang di TPS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 373 ayat (3) sementara persyaratan dalam Undang-Undang ini telah terpenuhi, anggota KPU kabupaten/kota dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan denda paling banyak Rp24 juta.

Pemungutan suara ulang diusulkan oleh KPPS dengan menyebutkan keadaan yang menyebabkan diadakannya pemungutan suara ulang. Sedangkan pemungutan suara ulang di TPS dilaksanakan paling lama 10 hari setelah hari pemungutan suara berdasarkan keputusan KPU Kabupaten/Kota.

Sementara, Ketua KPU Solok Selatan Nila Puspita mengatakan, akan melaksanakan rekomendasi dari Bawaslu untuk melakukan PSU.

Kita Peduli!

Dia mengatakan, sebelum melakukan PSU pihaknya terlebih dahulu melakukan verifikasi di lapangan dan mendatangi semua petugas di TPS yang bersangkutan. Untuk surat pemberitahuan pemilihan ulang katanya, akan diberikan kepada masyarakat selambat-lambatnya Kamis (25/4/2019) dan langsung diumumkan. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021