Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat menemui perantau Minang di Wamena, Minggu (29/9/2019). (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Ratusan Perantau Minang akan Tiba di BIM, Pemerintah Siapkan Santunan Masing-masing Rp1 Juta

PADANG (SumbarFokus) 

Perantau Sumatera Barat dari Wamena, Papua, yang sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) malam ini akan mendapat santunan sebesar Rp1 juta per orang untuk dewasa dan Rp500 ribu per orang untuk anak-anak.

"Jadwal kedatangan malam ini ada 187 orang perantau. Semua akan diberikan santunan," kata Kepala Biro Bina Mental Pemprov Sumatera Barat Syaifullah, di Padang, Kamis (3/10/2019).

Perantau yang sampai di BIM itu masing-masing 137 orang dibantu lembaga kemanuasiaan dan 50 orang perantau yang dibantu pulang dengan dana Sumbar Peduli Sesama.


"Sebanyak 50 orang perantau itu adalah mereka yang dibantu pulang dari Jayapura hingga Halim Perdana Kusuma menggunakan pesawat Hercules TNI AU. Selanjutnya dari Halim ke BIM kita biayai dengan dana Sumbar Peduli Sesama," katanya.

Ia merinci anggaran yang dikeluarkan untuk membantu tiket pesawat 50 orang itu sekitar Rp68,5 juta.

"Untuk memberikan santunan, bagi semua perantau yang datang itu, Biro Bina Mental Pemprov Sumbar juga mengeluarkan anggaran dari rekening Sumbar Peduli Sesama sebesar Rp300 juta," ujarnya.

Syaifullah mengatakan pihaknya sedang mengumpulkan data rincian untuk 187 perantau itu. Berapa jumlah dewasa dan berapa anak-anak. Hal itu dilakukan demi transparansi keuangan karena santunan untuk dewasa dan anak-anak dibedakan.

Ia menambahkan, saat ini jumlah uang sumbangan masyarakat di dalam rekening Sumbar Peduli Sesama adalah Rp1,2 miliar dikurangi Rp368,5 juta. (001)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *