Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang menjelaskan beberapa program BPJS Ketenagakerjaan. (Foto : Mimi)


Lain-lain

Rangkul Pers, BPJS Ketenagakerjaan Padang Gelar Sosialisasi dengan IKW Sumbar

Padang (SumbarFokus)

Diikuti puluhan wartawan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  Ketenagakerjaan Kantor Cabang Padang menggelar Sosialisasi  Program BPJS Ketenagakerjaan dan Penggerak Jaminan Sosial Indonesia bersama Ikatan Keluarga Wartawan (IKW) Sumatera Barat, Kamis (28/3/2019). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Cabang BPJS ketenagakerjaan Padang Yuniman Lubis,  Ketua IKW Sumbar Hendrizon, dan Pembina IKW Sumbar Tafrizal.

Disebutkan oleh Yuniman Lubis, acara ini bertujuan untuk menyambung informasi kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya jaminan sosial dalam bekerja sesuai dengan Undang-Undang no 40 tahun 2004.

"Pada dasarnya pemberi kerja berkewajiban memberi perlindungan kepada orang yang di pekerjakan, jadi ada hak dan kewajibannya masing-masing," kata Yusman Lubis. 


Dijelaskan, saat ini BPJS ketenagakerjaan memiliki beberapa program yaitu program Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT),  Jaminan Pensiun (JP).

"Saat ini BPJS Ketenagakerjaan juga sudah memiliki program  Jaminan Kembali Kerja, suatu program jaminan yang memberikan konpensasi dan rehabilitasi bagi pekerja yang mengalami kecelakaan saat bekerja," jelasnya. 

Ditambahkan, JKK merupakan suatu program yang dilakukan ditempat kerja dengan tujuan untuk membantu pekerja. Banyak kemungkinan buruk bisa terjadi saat pekerja beraktivitas. BPJS Ketenagakerjaan menjanjikan solusi bagi risiko-risiko kerja yang mungkin terjadi saat bekerja. Segala kemungkinan buruk, asal ada kaitannya dengan kegiatan pekerjaan anggota BPJS Ketenagakerjaan, ada solusinya dalam program yang ditawarkan.

"Bahkan jika minum racun sekalipun, jika itu ada kaitan dengan pekerjaan, BPJS Ketenagakerjaan memberikan santunan Rp24 juta. Asal terkait pekerjan," Yuniman menekankan.

Puluhan peserta terlihat sangat tertarik mendengarkan setiap penjelasan dari tim BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang saat itu. Peserta yang awak pers dalam keseharian tersebut memberikan berbagai pertanyaan, mulai dari mekanisme pendaftaran hingga hal-hal lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga diberi pemaparan mengenai program PERISAI dari BPJS Ketenagakerjaan. PERISAI merupakan program marketing BPJS Ketenagakerjaan yang juga memberi manfaat sangat besar bagi pelakunya. Misalnya saja, setiap anggota PERISAI berhak atas fee bonus-bonus marketing yang ada. Kalangan pers yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut tak ketinggal merasa tertarik untuk terlibat dalam program PERISAI.

Kegiatan sosialisasi berlangsung sangat komunikatif dan padat diskusi. Yuniman Lubis dan tim menyampaikan harapan agar IKW Sumbar turut bisa merasakan manfaat setiap progra  BPJS Ketenagakerjaan.

"Melalui kegiatan ini kami berharap kepada IKW Sumbar untuk dapat menyampaikan program BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak," ujarnya.

Untuk wilayah Sumatera Barat (Sumbar) sendiri, dikatakan, BPJS Ketenagakerjaan memiliki tiga kantor cabang yaitu Kota Padang, Kota Bukittinggi, dan Kota Solok. Masing-masing kantor cabang mengurus kepesertaan anggota dari berbagai daerah di Sumbar dan memiliki kantor di tiap-tiap daerah tersebut.

"Cabang Padang sendiri mengurus Kota Padang, Pesisir selatan,  Kepulauan Mentawai, serta Padang Pariaman. Sedangkan Cabang Bukittinggi, ada kota Bukittinggi, Pasaman Barat, Pasaman Timur, Agam, Lima puluh kota. Terakhir cabang Solok sudah ada di kota Solok, Sijunjung,  Dharmasraya dan Solok Selatan," urainya. (013)

 

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      sumbar