Puskesmas IV Koto, Agam. (Foto: Ist)


Pemerintahan

Puskesmas IV Koto Agam Keliling Beri Penyuluhan tentang COVID-19

AGAM (SumbarFokus)

Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), dalam antisipasi penyebaran COVID-19. Tanpa kecuali, seluruh Puskesmas di Kabupaten Agam ikut menjadi garda terdepan mencegah menyebarnya virus tersebut.

Seperti yang dijalankan Puskesmas IV Koto, memberikan penyuluhan tentang COVID -19 kepada masyarakat dengan menggunakan ambulans keliling.

Disampaikan Kepala Puskesmas IV Koto Yori Sulistia, Sabtu (12/9/2020), dengan terus menerus dilakukan penyuluhan tentang COVID-19 ini, diharapkan kesadaran masyarakat semakin tinggi.


Selain memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona, dalam penyuluhan itu petugas juga menyampaikan kepada masyarakat agar cepat tanggap pada gejala-gejala COVID-19.

“Gejala awal yang dirasakan hampir sama dengan gejala sakit pada umumnya seperti demam tinggi, batuk, pilek, sakit tenggorokan, lemah lesu dan sesak nafas, karena COVID-19 merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang bisa berakibat fatal. Jika gejala-gejala tersebut muncul, agar secepatnya memeriksakan diri ke Puskesmas IV Koto,” sebut Yori.

Petugas meminta masyarakat waspada dan tidak menganggap sepele mengenai COVID-19.

“Masyarakat hendaknya mawas diri dan menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer, menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut serta hindari kontak dengan penderita demam dan batuk,” tuturnya.

Sosialiasi yang disampaikan, pihaknya juga meminta masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah yang sifatnya menimbulkan keramaian. Namun apabila ada kepentingan yang mendesak maka gunakan masker dan senantiasa jaga jarak dengan orang di sekitar.

“Hindari sebisa mungkin bersentuhan langsung dengan sesama dan saat kembali ke rumah langsung cuci tangan atau mandi menggunakan sabun dan mengganti pakaian,” pintanya.

Kita Peduli!

Menurutnya, hal ini sebagai langkah nyata mencegah penyebaran COVID -19 yang saat ini kasusnya semakin meningkat.

"Selain penyuluhan keliling, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada pasien yang ingin berobat di puskesmas," pungkasnya. (007)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      agam