Ketua PKK Sumbar Nevi Zuairina saat rapat persiapan puncak HKG-PKK pada Juli mendatang, Selasa (23/4/2019). (Foto: Wahyu)


Pemerintahan

Puncak HKG-PKK Tingkat Nasional 2019, Presiden akan ke Padang

PADANG (SumbarFokus)

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan hadir membuka kegiatan puncak Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-47 Tingkat Nasional Tahun 2019, di Padang Sumatera Barat (Sumbar).

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua PKK Provinsi Sumbar Nevi Zuairina, saat memberikan keterangan ke awak media, usai memimpin Rapat Persiapan Pameran dalam Rangka HKG-PKK di Auditorium Gubernuran, Selasa (23/4/2019) di Padang.

"Insya Allah, rencananya memang presiden akan langsung membuka acara puncak HKG-PKK, pada 25 Juli 2109 nanti," ungkap Nevi.


Selain membuka HKG-PKK, pria yang akrab disapa Jokowi itu, juga akan makan bajamba di lapangan Ruang Taman Hijau (RTH) Imam Bonjol. Acara ini dilakukan bersama Mendagri Tjahjo Kumolo selaku Ketua Pembina TP PKK Nasional.

Kegiatan tersebut juga akan dihadiri gubernur, Ketua DPRS Provinai se-Indonesia, kementerian, lembaga dan instansi pusat, TP PKK Pusat, TP PKK kabupaten/kota se-Indonesia, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) se-Indonesia.

"Kemudian, Forkopimda, bupati/walikota se-Sumbar, BUMN, BUMD, pelaku UMKM serta tamu undangan lainnya," jelasnya.

Sesuai informasi, kegiatan puncak HGK-PKK ini juga ada pameran berbagai macam produk PKK. Tujuannya bukan hanya promosi produk daerah, tapi juga untuk menunjang pariwisata di Sumbar. Dengan harapan, mampu memancing wisatawan lokal dan Asing datang ke ranah Minang.

Sementara pada kesempatan yang sama Kepala Disperindag Sumbar Asben Hendri mengatakan, pada HKG-PKK Tingkat Nasional Tahun 2019 ini diperkirakan sekitar lebih 5.000 pengurus PKK se-Indonesia ikut hadir.

Setidaknya, sebanyak 190 stand sebagai ajang promosi bagi pelaku UMKM di Sumbar. Stand ini agar UMKM di daerah bisa berpartisipasi mempromosi dagangannya, bail promosi seni kerajinan khas daerah, atau makanan khas daerah kabupaten/kota di Sumbar.

Kita Peduli!

"Dengan banyaknya yang datang ke Sumbar pada kegiatan ini, tentunya akan berdampak terhadap promosi wisata dan  memicu berkembangnya UKM masyarakat kita” ungkapnya.

Kegiatan HKG-PKK Tingkat Nasional ini, merupakan perhelatan nasional yang dilaksanakan di Sumbar mulai tanggal 24 sampai 27 Juli 2019.  Sebanyak 34 TP-PKK provinsi se-Indonesia akan hadir dalam iven nasional ini. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020