Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (Foto: Ist.)


Peristiwa

Puluhan Tambahan COVID-19 Sumbar per Jumat, Sebagian Besar Imported Case

PADANG (SumbarFokus)

Hari ini, Jumat (31/7/2020), terjadi penambahan kasus COVID-19 di Sumatera Barat (Sumbar) dalam jumlah yang signifikan, 41 orang! Diakui oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, penambahan kali ini ini merupakan yang terbanyak selama sejarah sejak munculnya wabah COVID-19 di Sumbar, terhitung sejak 26 Maret lalu.

Diungkapkan juga, dari jumlah tersebut, sebagian besar merupakan perantau yang datang dari Kalimantan, Jakarta, dan provinsi tetangga lainnya.

“Tetap dilakukan tracing yang maksimal, sehingga masih bisa untuk tetap mengendalikan. Yang paling penting adalah dilakukan testing dan tracing. Penambahan tidak bisa dipungkiri, berapapun penambahan positif COVID-19,” kata Gubernur.


Kondisi penambahan yang signifikan ini cukup mengejutkan masyarakat Sumbar. Gubernur berharap, Sumbar bisa mengendalikan sebaran virus ini, meskipun saat sekarang jumlah positif COVID-19 Sumbar yang terakumulasi menjadi besar.

“Mudah-mudahan Kita bisa mengendalikan, walaupun positif banyak. Bukti mengendalikannya adalah testing dibuat masif, tracing dilakukan sehingga mereka tercover dengan tracing. Insyaallah terisolasi dalam satu-dua minggu terputus rantainya," tutur Irwan.

Irwan mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan, terutama karena anti virus corona belum ada.

“Sementara Kita sudah berpergian dari rumah, ke tempat kerja, dan ke tempat lainnya, sehingga ada kemungkinan akan terpapar COVID-19," sebut Irwan.

Sebelumnya, diketahui bahwa Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Sumbar Jasman Rizal menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan 1.541 sampel, sebanyak 41 orang warga Sumbar terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19 pada Jumat ini.

"Ini merupakan rekor tertinggi konfirmasi positif yang pernah terjadi terhadap hasil pemeriksaan sampel spesimen PCR di Sumbar," kata Jasman.

Kita Peduli!

Sebanyak 41 kasus tersebut; 24 orang dari Kota Padang, 1 orang dari Kabupaten Pesisir Selatan, 6 orang dari Kota Sawahlunto, 2 orang dari Kabupaten Agam, 1 orang dari Kabupaten Padang Pariaman, 3 orang dari Kabupaten Solok dan 4 orang dari Kota Solok.

Dengan demikian hingga saat ini total 948 orang yang telah dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 dengan perincian dirawat di berbagai rumah sakit 59 orang, isolasi mandiri 73 orang, isolasi daerah 6 orang, isolasi BPSDM 16 orang, Meninggal dunia 34 orang dan sembuh 760 orang. (000)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      covidsumbar