Puluhan perempuan pembela HAM menggelar aksi damai di depan gedung DPRD Sumbar, Jumat (29/11/2019) (Foto: Miftahul Ilmi)


Lain-lain

Puluhan Perempuan Pembela HAM Gelar Aksi Damai di DPRD Sumbar

PADANG (SumbarFokus)

Puluhan perempuan menggelar aksi damai di depan bundaran kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Jumat (29/11/2019). Aksi itu mengusung tema ‘Perlindungan untuk Perempuan Pembela Hak Azasi Manusia (HAM)’. 

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Nurani Perempuan Rahmi Meri Yenti mengatakan aksi itu termasuk rangkaian kegiatan hari anti kekerasan terhadap perempuan yang diperingati sejak 25 November hingga 10 Desember.

"Pada aksi damai ini kami menyuarakan beberapa poin di antaranya berhenti melakukan teror dan intimidasi terhadap perempuan pembela HAM, menuntut negara melakukan perlindungan terhadap perempuan pembela HAM, menhimbau masyarakat untuk mengambil peran penting dalam perjuangan HAM dan perempuan pembela HAM, dan secara tegas menyatakan mendukung seluruh perempuan pembela HAM," jelasnya.


Ia menambahkan aksi damai itu juga terkait dengan diskriminasi dan intimidasi yang dialami salah seorang pekerja LBH Padang Era Purnama Sari.

"Kita tidak ingin para pembela HAM mendapatkan diskriminasi, intimidasi, bahkan sampai persekusi seperti terhadap Era Purnama Sari. Kita ingin negara melindungi Era sebagai orang yang sebetulnya memperjuangkan hak-hak rakyat," ungkapnya.

Sementara Perwakilan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang Indira menuturkan beberapa kasus yang menimpa perempuan pembela HAM juga terjadi di Sumbar.

"Ini terus berlanjut, bahkan beberapa para pejuang HAM diancam agar mereka diam sehingga membuat mereka berhenti membela HAM. Kami mendesak negara segera mengesahkan revisi undang-undang tentang HAM dan negara mengakui keberadaan pembela HAM. Selain itu, membuat pasal-pasal perlindungan terhadap perempuan pembela HAM. Sebab, yang kami perjuangkan adalah apa yang dicita-citakan bersama di dalam konstitusi kita," ungkapnya. (013)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      sumbar