Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi GM Pelindo II Teluk Bayur Armen Amir saat ditemui di Padang, Rabu (13/3/2019). (Foto: Wahyu)


Ekonomi

PT Pelindo II- Apical Grup akan Dirikan Pabrik Senilai Rp700 Miliar

PADANG (SumbarFokus)

PT Pelindo II Teluk Bayur Sumatera Barat (Sumbar) terus melakukan pembenahan, demi menuju pelabuhan terkemuka dan termodern di Indonesia. Eksistensi ini dilakukan untuk menunjukkan Teluk Bayur Bangkit tidak hanya sekedar slogan belaka.

Upaya ini terus dilakukan pihak PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur dengan menggenjot berbagai dukungan, dan kerjasama dari perusahaan nasional bahkan multinasional. Salah satunya, menjalin kerjasama dengan Apical Grup membangun pabrik refinery dan fraksinasi di kawasan Teluk Bayur Padang.

"Kita sudah lama kerjasama dengan Apical Grup, tapi kali ini mereka menawarkan kerjasama luar biasa pula baiknya, senilai Rp700 miliar untuk 30 tahun," ujar General Manager Pelindo II Cabang Teluk Bayur Padang, Armen Amin di Padang, Rabu (13/3/2019).


Dikatakan Armen, pabrik ini nantinya akan dibangun di atas lahan seluas 5,1 hektar milik PT Pelindo Teluk Bayur. Pabrik salah satu pengelola dan pengekspor minyak sawit terbesar di Indonesia ini, akan menggunakan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) PT Pelindo untuk industri handling dalam kegiatan bongkar muat.

"Industri handling kegiatan bongkar muat ini hampir 5,1 hektar di atas HPL milik kami," sebutnya.

Selain pembangunan pabrik refinery dan fraksinasi, juga akan membenahi kawasan Muaro Padang sebagai Pusat Informasi dan Kemaritiman ke depannya. Kedua rancangan ini merupakan produk unggulan, yang diyakini bisa membangkit roda perekonomian masyarakat Sumbar ke depannya.

"Khusus di Kota Padang ada dua produk unggulan kita laksanakan, selain di Teluk Bayur juga mengelola Muaro Padang," kata Armen.

Kemudian terkait Pelabuhan Teluk Tapang di Kabupaten Pasaman Barat, juga akan direvitalisasi senilai Rp58,5 miliar. "Tapi sampai saat ini masih kita diupayakan lebih intensif ke Kementerian Kemaritiman," terangnya.

Sementara terkait pembangunan pabrik oleh pihak Apical Grup, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sangat mendukung penuh. Pasalnya, pabrik ini nantinya dinilai mampu membuka lapangan kerja, sehingga bisa meningkatkan ekonomi Sumbar, dan sekaligus mengurangi angka pengangguran serta berkurangnya jumlah kemiskinan.

Irwan menyebutkan bahwa kerjasama Apical Grup dengan PT Pelindo II Teluk Bayur Padang ini, menanamkan sebanyak 89 investasi dan ekspor-impor dengan target lima juta ton per tahunnya. Jadi, selain dinilai untuk menggerakkan ekonomi Sumbar, juga berefek pada pertumbuhan bagi PT Pelindo Teluk Bayur.

"Dengan adanya pabrik ini, tentu Pemprov Sumbar juga ada tambahan PAD, dan Pelindo juga mendapat tambahan Rp27 miliar per tahun," terang Irwan.

Dengan adanya pabrik ini katanya banyak sektor yang akan bergerak. Misalnya pembangunan sarana kesehatan san pendidikan melalui dana CSR yang didapat. Maka sebab iti pula, ia mengimbau agar semua masyarakat Sumbar, terutama di kawasan Teluk Bayur agar mendukung penuh kehadiran pabrik Apical Grup ini nantinya.

"Terkait izin ada bidang transportasi, industri pembangunan dan lainnya. Kalau listrik kita masih melimpah, sebab kita memiliki lebih 200 megawtt. Jadi tidak kekurangan gara-gara pabrik ini," pungkas Irwan. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018