Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengunjungi Kejati Sumbar, Selasa (2/3/2021). (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Proses Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru Akan Dikawal Kejati Sumbar

PADANG (SumbarFokus)

Pembangunan tol yang menghubungkan Padang-Pekanbaru akan ikut dikawal oleh pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Sumbar). Komitmen ini disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Anwarudin Sulityono, saat menerima kunjungan kerja Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Wakilnya, Audy Joinaldy, Selasa (2/3/2021).

"Kami berkomitmen untuk mengawal dan menyukseskan proyek pembangunan tol yang merupakan proyek strategis nasional bersama pemerintah daerah," ujar Anwaruddin Sulistiyono, didampingi Asisten Intelijen Teguh Wibowo.

Kejati Sumbar akan mendukung percepatan pembangunan proyek tersebut sesuai bidang serta kewenangan yang dimiliki. Pertama adalah bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) yang akan mendampingi pemerintah dalam proses litigasi, memberikan legal opinion (LO), serta rangkaian proses pembebasan lahan.


"Pengawalan ini bertujuan mendukung proyek agar segala tahapannya sesuai koridor hukum dan di sisi lain juga memenuhi keadilan di tengah masyarakat," jelasnya.

Sementara pada bidang intelijen, lanjutnya, pihak kejaksaan akan membantu dalam pengamanan proyek strategis nasional tersebut.

"Seandainya ada pihak-pihak yang menghalangi secara yuridis, maka kami yang menangani," jelas mantan Wakajati Jawa Timur itu.

Pada kesempatan tersebut Anwarudin juga menyampaikan selamat kepada Mahyeldi dan Audy Joinaldy yang baru saja dilantik.

Dalam kesempatan, Kejati juga menyampaikan harapan agar pasangan gubernur dan wakil gubernur itu bisa membawa perubahan dan memajukan Sumbar untuk ke depannya.

Kunjungan kerja Mahyeldi-Audy Joinaldy saat itu sendiri merupakan kunjungan untuk mempererat koordinasi antara kepala daerah dengan unsur Forkompimda, yang merupakan kunjungan pertama usai dilantik pada 25 Februari 2021. (002)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      sumbar