Kepala Sekolah MAN 2 Padang Akhri Meinhardi (tengah) bersama para guru di MAN 2 Padang bertekad menciptakan karakter siswa yang islami dan integral. (Foto: Yeyen)


Pendidikan

Program Tahunan Kebanggaan MAN 2 Padang, SAICOM III Kembali Digelar

PADANG (SumbarFokus)

Menginjak tahun ke-tiga, salah satu ajang tahunan kebanggan MAN 2 Padang, Sumatera Barat (Sumbar), SAICOM (red-Sport, Academic, Islamic Competition of Mandupa), kembali digelar. SAICOM III yang bertajuk Show Your Talent and Be a Shining Star kali ini digelar tiga hari, Senin-Rabu (3-5/2/2020) di MAN 2 Padang.

“Dalam ajang SAICOM III ini, ada kompetisi olahraganya, islamic-nya, dan akademiknya. Untuk akademik ada dua kelompok, yaitu untuk siswa MTs dan Aliyah. Ini merupakan kegiatan rutin dari OSIM (red-Organisasi Siswa Intra Madrasah) Kami, yang sudah disepakati dengan pimpinan,” ungkap Kepala Sekolah MAN 2 Padang Akhri Meinhardi pada SumbarFokus di ruang kerjanya, Senin (3/2/2020).

Didampingi Pembina MPK/OSIM MAN 2 Padang Betty Revita, Akhri menjelaskan bahwa lembaga pendidikan yang saat ini dipimpinnya memiliki tujuan menciptakan karakter-karakter positif di diri siswa didik. SAICOM III, menurut dia, merupakan salah satu sarana pengubah karakter para siswa didik untuk menjadi islamic dan integral.


“Jadi kita berupaya mengubah karakter anak dari potensi anak itu sendiri. Kalau hobinya olahraga basket, kita ubah karakternya melalui olahraga basket itu sendiri. Begitu juga kalau hobinya Matematikan, Ekonomi, atau lainnya, kita ubah melalui bidang tersebut,” ujar Akhri.

Kegiatan yang digelar OSIM MAN 2 Padang ini, diakui Akhri, merupakan salah satu kebanggaan bagi sekolah. Melalui SAICOM III, para siswa didik yang berkegiatan di OSIM dilatih untuk mandiri dan bekerjasama, sehingga bisa menyelenggarakan alek gadang-nya MAN 2 Padang ini.

“Tujuan utama SAICOM ini bukan mencari juara, tapi lebih kepada untuk menciptakan perubahan karakter siswa menjadi islamic dan integral,” Akhri menekankan.

Ditambahkan oleh Betty Revita, perhelatan rutin MAN 2 Padang yang diikuti oleh pelajar se-Sumatera Barat ini menunjukkan kecenderung peningkatan jumlah peserta tiap tahunnya.

“Di tahun 2019, peminatnya naik 100 persen dibandingkan 2018. Sedangkan tahun ini, kenaikan jumlah peserta mencapai 50 persen dari tahun 2019,” jelas Betty.

Betty mengaku bangga, dengan berhasilnya OSIM MAN 2 Padang menggelar kegiatan besar ini, menunjukkan keberhasilan upaya sekolah dalam mendidik organisasi di lingkungan sekolah tersebut.

“Kita berharap SAICOM ini menjadi ikon sekolah kita nantinya. Semua kegiatannya,” harap Betty.

Sebagian anggota OSIM Man 2 Padang, yang juga panitia kegiatan SAICOM III, berpose bersama guru pembimbing mereka, Betty Revita. (Foto: Yeyen)

Digelar bukan untuk prestasi semata

Sementara, Ketua Panitia SAICOM III Dzul Irsyadul Fikri Ihsan (16) menguraikan, acara besar SAICOM III ini digelar bukan hanya untuk prestasi. Senada dengan sang kepala sekolah dan guru pembina, Fikri menekankan bahwa melalui SAICOM III ini, nilai-nilai keislaman ingin ditanamkan.

“Kami berharap, semoga ini jadi salah satu sarana untuk syiar dakwah MAN 2 Padang,” sebutnya.

Fikri mencontohkan, dalam teknis pelaksanaan untuk kompetisi voli dan basket, ditetapkan aturan bahwa peserta perempuan tidak boleh menggunakan pakaian ketat sehingga celana yang dipakai harus besar dan longgar.

“Jadi auratnya tidak kelihatan,” imbuh Fikri lagi.

Selain itu, tema yang diusung konsisten bernuansa islamic, seperti tema Speech Contest-nya The Role of Youth in Islam Culture.

Dirincikan, ada tiga cabang olahraga yang dikompetisikan dalam ajang ini yaitu futsal (yang hanya diikuti oleh siswa laki-laki), voli, dan basket.

Sementara, untuk bidang akademik, perlombaan dikhususkan untuk pelajar MTs dan MA saja. Mata pelajaran yang diperlombakan di bidang ini yaitu Matematika, IPA, dan IPS (untuk MTs), kemudian Biologi, Ekonomi, Geografi, Fisika, Kimia, Matematikan, dan PAI (untuk MA).

Selain itu, ada perlombaan MTQ, Tahfidz, dan Speech Contest untuk peserta dari MA, SMA, dan SMK.

Disebutkan Fikri, ada puluhan tim peserta kompetisi bidang olahraga yang terdaftar, dan ratusan pelajar peserta kompetisi bidang akademik dan islamic. (003)

 

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agamasumbar