Rektor UNP Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. (Foto: YEYEN)


Pendidikan

Praktisi Ingin Jadi Dosen? Ini Peluang dari UNP

PADANG (SumbarFokus)  

Untuk menunjang gerakan 'Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka' serta memperkuat kualitas pembelajaran menghadapi perubahan status dari PTN BLU menjadi PTN BH, Universitas Negeri Padang (UNP) berencana merekrut sebanyak 144 dosen praktisi. Hal ini disampaikan oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D melalui rilis, Sabtu (2/1/2021).

Dijelaskan, berdasarkan jumlah rekrutmen tersebut berarti masing-masing Program Studi di tingkat D III dan S1 akan menerima dua orang dosen praktisi, yang nantinya akan mendampingi dosen di UNP dalam perkuliahan terutama mata kuliah praktik.

"Mereka akan menjadi tim teaching dalam mata kuliah tertentu, selain itu mereka akan mendapatkan Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK) dan honor, mekanisme rekrutmen diserahkan pada Program studi masing-masing," kata Rektor.


Rektor menambahkan bahwa persyaratan rekrutmen dosen praktisi ini mengacu pada UU No 14 tahun 2015 tentang Guru dan Dosen, seperti berpendidikan S2. Selain itu, mereka memiliki substansi keahlian yang dibutuhkan suatu prodi.

"Persyaratannya dosen praktisi mendapat ijin dari lembaga tempat mereka bekerja, karena ini bagian kemitraan UNP dengan pemerintah, dunia industri dan dunia usaha," tambahnya.

Proses rekrutmen di tiap prodi sudah bisa dimulai pada minggu pertama Januari 2021, karena Dosen Praktisi sudah terlibat dalam pembelajaran di Semester Januari-Juni 2021. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020