Ilustrasi. (Foto: Ist.)


Pendidikan

PPDB SMP Negeri di Padang Tahap Tiga Tidak Online

PADANG (SumbarFokus)

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), tahap tiga dibuka secara luar jaringan (luring) atau offline. Melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang  Nomor: 421.1/4865/Dikdas.3/2020 tentang penetapan sekolah filial, penambahan rombongan belajar, dan pemenuhan daya tampung SMPN Kota Padang tahun pelajaran 2020/2021, dinyatakan bahwa sekolah yang akan melaksanakan PPDB tahap tiga tersebut ialah sekolah yang masih memiliki daya tampung setelah pelaksanaan PPDB secara daring.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi, mengatakan bahwa pelaksanaan PPDB SMP Negeri tahap tiga ini dibuka karena masih banyaknya peserta didik tamatan SD yang belum tertampung pada SMPN Padang. Untuk itu perlu dilakukan penambahan penerimaan peserta didik baru.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka Dinas Pendidikan Kota Padang menetapkan sekolah filial, penambahan rombongan belajar, dan pemenuhan daya tampung SMPN Kota Padang tahun pelajaran 2020/2021. Pengumuman pelaksanaannya akan disampaikan di sekolah tersebut pada Senin (13/7/2020), sedangkan untuk pendaftaran dimulai pada Kamis (16/7/2020) sampai Sabtu (18/7/2020).


Untuk pelaksanaan Verifikasi Adiministrasi akan dilakukan mulai dari 20-21 Juli 2020 dan verifikasi faktual lapangan pada 22-25 Juli 2020. Kemudian, hasilnya akan diumumkan pada tanggal 27 Juli 2020, pendaftaran ulang dilaksanakan pada 28 sampai 29 Juli 2020. Penyeleksian nantinya akan  menggunakan nilai pada Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Sekolah Dasar (SD) asal.

Diketahui, pendaftaran filial SMPN 44 Padang telah dilaksanakan sejak Jumat (10/7/2020) di SMPN 14 Padang dan pendaftaran filial SMPN 45 Padang telah dibuka di SDN 28 Padang Sarai, Padang.

Pendaftaran filial sekolah sendiri bertujuan untuk bina lingkungan dengan mengutamakan peserta didik yang berada di sekitar lingkungan sekolah tersebut. Adapun persyaratan pendaftaran sekolah filial yaitu mengisi formulir pendaftaran, fotokopi surat keterangan lulus, fotokopi akte kelahiran, fotokopi kartu keluarga atau surat keterangan domisili, dan fotokopi kartu tanda penduduk orang tua.

Kemudian penetapan penambahan rombongan belajar SMP Negeri Padang terdapat di enam sekolah yaitu SMPN 18 Padang, SMPN 28, SMPN 13, SMPN 12, SMPN 24, dan SMPN 11.

"Pada tahap ini seleksi yang digunakan berdasarkan nilai SKL, sesuai zonasi, dan calon peserta didik berasal dari keluarga tidak mampu dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," kata dia.

Lebih lanjut, untuk pemenuhan daya tampung SMPN Padang dengan ketentuan seleksi berdasarkan nilai SKL dan pendaftar merupakan peserta didik yang belum diterima di SMPN pada tahap PPDB daring. (002)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018