Ketua Umum PORBBI Sumbar Verry Mulyadi menerima bendera PORBBI dari Ketua Dewan Penasehat Refrizal.(Foto: Ist)


Lain-lain

PORBBI Sumbar Dikukuhkan, Buru Babi Warisan yang Perlu Dilestarikan

PADANG (SumbarFokus)

Berburu babi merupakan tradisi yang turun temurun ada di setiap Kabupaten dan Kota di Sumatra Barat (Sumbar). Apalagi, kegiatan ini kental terhadap kelestarian lingkungan. Maka, untuk itu Kepengurusan Persatuan Olahraga Buru Babi Indonesia (PORBBI) Sumbar berkomitmen menjaga warisan tradisi dari leluhur ini.

"Untuk itu, kita PORBBI berkomitmen menjadi simbol pemersatu masyarakat Minang. Karena kegiatan buru babi ini merupakan warisan dari leluhur kita dan ini mesti dilestarikan," ujar Ketua Umum PORBBI Sumbar, Verry Mulyadi usai acara Pengukuhan PORBBI Sumbar Periode 2019-2024, Sabtu (2/3/2019) di Hotel Rangkayo Basa.

Disebutkannya, aktivitas budaya ini masih terpelihara dengan baik, karena terus diwariskan turun-temurun dari satu generasi ke generasi. Di setiap daerah, sampai ke tingkat nagari dan jorong kini terdapat organisasi PORBBI.


"Karena PORBBI tersebar di berbagai daerah sampai kabupaten dan kota. Kita harus menyatukan mereka. PORBBI ke depan akan semakin kompak, akan kita arahkan PORBBI ini untuk berbuat sosial seperti, membantu bencana alam, hingga penanaman hutan," kata Verry lagi.

Untuk mewujudkan itu, pihaknnya akan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi, unsur pimpinan daerah. Pasalnya, PORBBI merupakan sebuah organisasi kemasyarakatan yang harus dilindungi dan dilestarikan.

"Di Provinsi dan unsur pimpinan daerah agar mengakui kita, karena ini tradisi ini harus dilestarikan, berburu babi dijadikan sebagai ajang silaturahmi masyarakat," ujarnya.

Disamping melestarikan budaya, menurut Verry, berburu babi juga sebagai salah satu cara masyarakat membasmi babi yang dianggap sebagai hama tanaman pertanian. Dengan demikian, sambung dia, banyak hal positif yang bisa diambil dari digelarnya perburuan babi.

"Mari bersama-bersama menyatukan PORBBI ini untuk kedepannya agar lebih solid. Karena PORBBI adalah kebanggaan masyarakat Minangkabau, ninik mamak. Kalau tidak berburu, maka pemuda Minang tidak lengkap rasanya," tuturnya.(000)

 

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      padangsumbar