Kapolresta Padang Kombes Polisi Yulmar Try Himawan, saat diminta keterangan kesiapan pengamanan pemilihan suara ulang, Jumat (26/4/2019). (Foto: Wahyu)


Politik

Polresta Padang Siap Amankan 46 TPS Pemilihan Suara Ulang

PADANG (SumbarFokus)

Hari ini, Sabtu (27/4/2019), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan pemilihan suara ulang di 46 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

TPS-TPS itu tersebar di enam kecamatan yakni kecamatan Koto Tangah 28 TPS, Kecamatan Nanggalo tujuh TPS, Kecamatan Padang Timur lima TPS, Kecamatan Kuranji tiga TPS, Koto Tangah dua TPS, dan satu TPS di Kecamatan Lubuk Begalung.

Terkait adanya pemungutan suara ulang ini, Kapolresta Padang Kombes Polisi Yulmar Try Himawan menyatakan lebih siap untuk mengamankan jalan proses pemilihan yang akan berlangsung besok.


"Kita lebih siap mengamankan pemilihan ulang, guna untuk mengantisipasi hal-hal mengganggu yang akan terjadi," sebutnya saat ditemui, Jumat (26/4/2019) di Padang.

Ia menyebutkan, pihaknya akan menggunakan pola pengamanan dua orang polisi dan dua orang Linmas di setiap TPS. Hal ini digunakan agar pemilihan berjalan lancar, sebab takut terulang pemilih yang tidak berhak memilih.

Selain itu, ia mengakui pelaksanaan Pemilu di Kota Padang aman dan lancar. Namun, ada di beberapa TPS yang tidak memiliki hak memilih, tapi ikutan memilih pada pelaksanaan Pemilu serentak 17 April 2019 pekan lalu.

“Makanya untuk pengamanan di setiap PPK, ada 10 personil Polri, empat dari KPU, dan dua dari Koramil.

Lanjutnya, pengamanan di setiap PPK sudah ada 10 orang personil Polri, empat dari KPU dan dua dari Koramil. Kita juga akan mengamankan surat suara yang diangkut PPK ke KPU Sumbar," ujar Yulmar.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Padang M Sawati menyampaikan, di setiap TPS akan mengulang pemilihan suara secara berbeda, sesuai kesalahan yang dilakukan pada 17 April 2019 pekan lalu.

Kita Peduli!

“Misalnya, kalau Kelurahan Bandar Buat hanya kesalahannya pada surat suara Capres dan Cawapres, cukup itu saja tanpa harus mencoblos surat suara legislatif,” jelasnya.

Meskipun begitu, ia mengakui ada beberapa TPS yang akan melakukan pemilihan suara ulang untuk seluruhnya surat suara, baik Capres-Cawapres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Padang.

Sementara, Komisioner Bawaslu Kota Padang Firdaus Yusri mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan KPU, pemilihan suara ulang akan dilakukan di 46 TPS dari 53 TPS yang diusulkan Bawaslu.

“Jumlah itu hasil kajian KPU, sebab mereka yang berwenang untuk menggelar pemilihan suara ulang ini. Kalau kami dari Bawaslu hanya pihak yang mengawasi,” ujarnya. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018