Apel Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana. (Foto: Ist)


Bencana

Polres Kepulauan Mentawai Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Kapolres Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), AKBP Dody Prawiranegara menjadi inspektur upacara Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Mapolres Kepulauan Mentawai, di Jalan Raya Tuapejat KM-9, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Rabu (8/1/2020) pagi.

“Apel Kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan perlengkapan, serta menghimpun kekuatan stakeholder, yang meliputi Polres Kepulauan Mentawai, Kodim 0319 Kepulauan Mentawai, Lanal Kepulauan Mentawai, Sat Pol PP Kepulauan Mentawai, Damkar, Dinas Perhubungan, SAR Kepulauan Mentawai, BPBD Kepulauan Mentawai, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR dan PLN, untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana,” urainya.

Ditegaskan, wilayah Kepulauan Mentawai merupakan daerah rawan bencana, seperti bencana tanah longsor, kecelakaan laut, dan lain sebagainya.


“Maka dari itu, sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik di semua unsur yang berkaitan dengan penanggulangan bencana. Kita kumpulkan seluruh stakeholder yang ada terkait kesiapsiagaan penanggulangan bencana belajar dengan kejadian Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. Jadi, Kita yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai harus mempersiapkan potensi-potensi. Apabila terjadi bencana alam, semua stakeholder sudah siap melayani masyarakat yang terkena bencana alam,” tuturnya.

Disebutkan, melalui Apel Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana ini, diharapkan terbangun sinergitas bersama Stakeholder yang menjadi tanggung jawab di masing-masing tupoksi.

“Dalam hal ini, penanggulangan bencana tidak dapat dihilangkan secara sektoral. Seluruh stakeholder yang tergabung, tidak hanya dalam lingkup TNI dan Polri, namun juga seluruh potensi yang ada terlibat,” sebutnya Kapolres lagi.

Dicontohkan, Dinas Pemadam Kebakaran terlibat dalam pembersihan paskabanjir, Dinas Perhubungan terkait lalulintas bersama Polres Mentawai, dan Dinas Sosial terkait Posko penyaluran bantuan.

Terlepas dari itu semua, Kapolres menyatakan tetap memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kepulauan Mentawai dijauhkan dari bencana. Menurut data Polres Kepulauan Mentawai pada tahun 2019 ada 2 kejadian bencana, yaitu tanah longsor di Pulau Sipora dan di Pulau Siberut.

“Marilah Kita bersama-sama berdoa apapun yang Kita lakukan, mudah-mudahan di wilayah Kita tidak terjadi apa yang tidak Kita inginkan. Terkait kesiapsiagaan ini mudah-mudahan Kita dapat bekerjasama atau bahu membahu untuk menciptakan situasi aman dan kondusif,” harap Kapolres. (017)

Kita Peduli!

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018