PLN UIW Sumbar dan PLN UP3 Padang intens melakukan sosialisasi penggunaan kompor induksi melalui berbagai kegiatan. (Foto: Mimi)


Ekonomi

PLN UP3 Padang Gelar "Go Green Cooking" Menggunakan Kompor Induksi

PADANG (SumbarFokus)

Go Green Cooking. Lomba masak bertema Capailah Impianmu dan jadilah pelopor Go Green dengan menggunakan Kompor Induksi ini digelar PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang, Senin (22/4/2019). Istimewanya juga, kegiatan ini digelar seiringan dengan momen peringatan Hari Kartini dan khusus dilakukan untuk sosialisasi penggunaan kompor induksi dalam rangka efisiensi dan efektivitas penggunaan listrik.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat Nevi Zuairina, istri Walikota Padang Harneli Bahar, dan jajaran manajemen PLN UIW Sumbar serta jajawan manajemen PLN UP3 Padang tersebut, diperagakan bagaimana penggunaan kompor induksi efisien dan efektif untuk kegiatan dapur sehari-hari.

General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto mengungkapkan bahwa acara yang diselenggarakan oleh PLN UP3 Padang merupakan bentuk apresiasi PLN terhadap para perempuan di Kota Padang sekaligus juga untuk memperkenalkan budaya Electrifying Style.


"Kehadiran kompor induksi saat ini semakin diminati. Kompor Induksi yang menggunakan energi listrik ini tidak menghasilkan panas namun menginduksi peralatan masak yang digunakan, sehingga suasana di dapur tetap nyaman dan bersih. Saya yakin Ibu-ibu di rumah pasti sangat senang bila dapat dapat memasak dengan lebih nyaman, mudah, dan murah," tutur Bambang.

Bambang juga menjelaskan kelebihan lain yang ditawarkan oleh Kompor Induksi, di antaranya memiliki suhu yang stabil, sehingga sangat cepat untuk memanaskan makanan dan sangat menghemat waktu. Kompor induksi juga praktis digunakan, bisa dibawa kemana saja, mudah dibersihkan dan memiliki tampilan yang menarik atau stylish

"Bila dilihat dari sisi ekonomis, tentu kompor induksi jadi jauh lebih unggul dibanding kompor biasa. Contoh, estimasi kebutuhan per bulan per kepala keluarga untuk gas LPG sebanyak 9 kilogram setara dengan Rp89.820. Sementar,a dengan kompor induksi sebanyak 45 kWh atau setara dengan Rp60.840, sehingga mendapatkan efisiensi biaya 67 persen dari kompor konvensional. Selain itu, tingkat efisiensi yang didapatkan jika menggunakan kompor induksi sekitar 33 persen dibandingkan menggunakan kompor konvensional," jelas Bambang.

Selain itu, Bambang juga mengajak untuk pemakaian listrik bagi alat transportasi seperti motor listrik atau mobil listrik. Dengan menggunakan vehicle ini, penghematan yang dilakukan bisa sangat besar.

Sebelum pelaksanaan lomba masak, PIKK UP3 Padang juga menggelar Lomba Pakaian Adat Nusantara dan Seminar dengan tema Semoga Perempuan Indonesia Semakin Hebat dalam Berkarya namun Tetap Mengutamakan Keluarganya dengan menghadirkan narasumber Dosen Universitas Negeri Padang (UNP) Dr. Yuliana Sp. MSi dan Ketua PIKK PLN UIW Sumbar Estiana. Materi yang disampaikan terkait dengan peran perempuan yang hebat akan menghasilkan generasi yang tangguh untuk membangun bangsa dan negara.

Selama perlombaan memasak berlangsung, baik peserta maupun penonton nampak antusias menyaksikan keunggulan kompor induksi. Dari perlombaan tersebut juga terlihat bahwa waktu yang dibutuhkan  kompor induksi kapasitas 1800 watt untuk memasak 1 liter air sampai mendidih lebih cepat dibandingkan dengan kompor konvensional.

Kita Peduli!

Acara perlombaan tersebut juga dimanfaatkan oleh PLN untuk menawarkan program diskon tambah daya yang saat ini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan rumah tangga di Indonesia. Program menembus batas diskon tambah daya sebesar 50 persen. PLN juga memberikan diskon tambah daya sebesar 75 persen bagi pelanggan rumah tangga yang memiliki kompor Induksi.

Di acara ini PLN juga melakukan penandatanganan komitmen dengan para stakeholder. Adapun bersama dengan stakeholder, PLN akan berkomitmen untuk mendukung investasi sektor pariwisata di Sumatera Barat dan mendukung Go Green dengan penerapan budaya penggunaan peralatan listrik. Di akhir acara PLN juga menobatkan Ibu Harneli Bahar sebagai Duta Kompor Induksi. (013/000)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021