Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menyerahkan bantuan benih jagung ke keltan di Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan. (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Pessel Ditarget Jadi Sentra Jagung di Sumbar

PADANG (SumbarFokus)

Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Hendrajoni mengatakan bahwa Pesisir Selatan ditargetkan untuk jadi sentra tanaman jagung di Sumbar. Ini disampaikannya di sela kegiatan penyerahan bantuan benih jagung hybrida untuk kelompok tani se-Kecamatan Sutera di Pesisir Selatan, baru-baru ini.

Penyerahan bantuan tersebut merupakan upaya untuk mewujudkan target ini. Juga Bupati memerintahkan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan untuk tetap memonitor budidaya jagung ini.

"Tujuan kita agar Pesisir Selatan dapat menjadi salah satu daerah sentra tanaman jagung di Sumatera Barat," kata Hendrajoni.


Penyerahan bantuan sendiri dilakukan secara simbolis dilakukan di Nagari Rawang Gunung Malelo. Sebanyak 6 kelompok petani menerima bantuan tersebut.

"Kita menyerahkan bantuan benih jagung sebanyak 28 kelompok tani yang ada di kecamatan ini. Artinya ada lebih kurang 656 orang dari kelompok tersebut yang menerima bantuan ini dengan total luas lahan sekitar 580 Ha," jelas Bupati.

Diterangkan juga bahwa anggaran kegiatan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dilakukan dialihkan untuk penanganan wabah COVID-19. Konsekuensinya, beberapa kegiatan pembangunan tertunda pelaksanaannya.

"Kami menyadari belum seluruh pembangunan dapat dituntaskan, khususnya jalan ke Langgai kita berkomitmen untuk mengupayakannya melalui APBD Provinsi" kata Hendrajoni.

Sementara, Tokoh masyarakat Nagari Rawang Gunung Malelo, Jamalus anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, juag mengapresiasi program pembangunan yang dilaksanakan Bupati.

"Kita berharap beberapa usulan masyarakat yang disampaikan dapat diakomodir Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. Kita juga mengapresiasi kegiatan penyerahan bantuan bibit jagung kepada petani," kata Jamalus.

Kita Peduli!

Pada kesempatan itu juga, Hendrajoni juga menyerahkan bantuan peralatan olah raga untuk pemuda nagari ini.

"Walaupun masa PSBB telah berakhir, kita tetap meminta seluruh masyarakat di Kecamatan Sutera khususnya masyarakat nagari Rawang Gunung Malelo untuk tetap konsisten melaksanakan protokoler kesehatan COVID-19," ujar Bupati. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020