Kasubag SDM Perusda Kemakmuran Mentawai Yohannes Purba, saat berada di ruangan pabrik pembuatan VCO. (Foto: Hendrianto L Raja)


Ekonomi

Perusda Mentawai Produksi VCO

TUAPEIHJAT (SumbarFokus)

Sejak resmi dibentuk, Perusahan Daerah (Perusda) Mentawai sudah membuat program jangka panjang. Salah satu program jangka panjang adalah membuka pasar bagi produk olahan pertanian dari petani di Kepulauan Mentawai. Olahan yang saat ini dilirik pasar adalah produk minyak kelapa murni. Terkait ini, Perusda Mentawai memproduksi minyak goreng rendah kolesterol, Virgin Coconut Oil (VCO), dengan santan pilihan.

Dijelaskan oleh Kasubag Sumber Daya Manusia Perusda Mentawai Yohanes Purba, VCO hasil produksi Perusda Mentawai dijual dengan harga Rp25 ribu per botol,berukuran 350 Milimeter. Disebutkan, VCO banyak memiliki manfaat yang baik pada tubuh di antaranya mengobati penyakit kolesterol, merawat kecantikan, dan lainnya, sehingga sangat baik dikonsumsi tubuh dan tentunya berbeda dengan minyak sawit pada umumnya.

"Proses pembuatan VCO meliputi penampungan kelapa, pemarutan kelapa, penyulingan santan, mengendapkan santan, menentukan bibit, lalu penyaringan bibit sehingga memperoleh hasil VCO sebening ini," ungkapnya, Selasa (9?7/2019).


Menurutnya, kendala produksi saat ini ialah terbatasnya ruang untuk pemasaran. Alasannya, VCO produk Perusda Mentawai belum mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) provinsi Sumatera Barat, sehingga VCO dipasarkan masih dalam skala kecil atau apabila ada pesanan.

"Kendala utama dalam perizinan BPOM adalah letak Mentawai yang cukup jauh dari Provinsi. Dan pihak BPOM belum dapat meninjau tempat pengolahan minyak kita, sesui standar yang akan ditentukan. Dan untuk Dinkes Mentawai sendiri juga menunggu persetujuan dari BPOM provinsi," terang Yohanes.

Yohanes juga menyampaikan harapan, apabila Izin dari BPOM sudah ada, pihaknya akan membuat penyulingan minyak kelapa dengan skala lebih besar. Tentunya ini juga sesui dengan permintaan pasar, baik pasar tingkat daerah maupun tingkat nasional. (017)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *