Wagub Sumbar Aidy Joinaldy (kanan) dan Pangdam I Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Hasanuddin (kiri). (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Perkuat Sinergitas dengan Daerah Tetangga, Wagub Audy Kunjungi Sumut

MEDAN (SumbarFokus)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) memiliki komitmen tinggi untuk terus meningkatkan kerjasama dengan daerah lain khususnya provinsi tetangga. Darma itu diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dimulai dengan Riau pada awal November lalu.

Menjajaki kerjasama serupa, Selasa (23/11/2021), Wagub Sumbar Audy Joinaldy lakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara bertemu Wagub Sumut Musa Rajekshah dan Pangdam I Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Hasanuddin.

Saat audiensi bersama Pangdam, Audy menyampaikan bahwa kolaborasi pemerintah daerah dan Forkopimda suatu keniscayaan, terutama pada kondisi saat ini untuk menyukseskan program vaksin COVID-19.


Sumbar, yang masuk otoritas Kodam I Bukit Barisan, disebutkanmembutuhkan dukungan dalam penanganan COVID-19, termasuk dari komando berbaret hijau tersebut.

"Pemprov Sumbar musti menjalin komunikasi, koordinasi dengan semua pihak dalam menyukseskan gebyar vaksin. Perhatian yang disampaikan Pangdam dalam pertemuan tadi merupakan stimulus untuk langkah sukses ke depan," ujar Wagub Audy.

Mayjen Hasanuddin juga menyatakan sangat terbuka terhadap program-program kerja Pemprov Sumbar. Hal yang bersinggungan dengan tupoksi Kodam BB akan dikolaborasikan demi pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Sedangkan pada pertemuan kedua dengan Wagub Sumut, Musa Rajekshah lebih banyak dibahas peluang kerjasama antara kedua provinsi.

Pertemuan ini merupakan langkah awal untuk effort yang lebih konkrit dan saling menguntungkan bagi kedua daerah. Beberapa sektor tengah dijajaki kemungkinannya.

"Pertanian mendapat atensi oleh Wagub Ijek (red-sapaan akrab Musa Rajekshah). Beliau berniat untuk menjalin kerjasama dibidang itu. Kita sambut dengan tangan terbuka. Kita rencanakan untuk pertemuan selanjutnya secara lebih komprehensif dengan menghadirkan OPD terkait," jelas Audy.

Kita Peduli!

Seperti halnya dengan pangdam, akhir audiensi ditutup foto bersama dan saling bertukar cenderamata. (000Adpim-Sumbar)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021