Pembukaan jalan baru di Nagari Persiapan Parik Panjang, Kecamatan Lubuk Basung. (Foto : Ist)



Perantau Asal Parik Panjang Bangun Jalan untuk Masyarakat

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Perantau asal Nagari Persiapan Parik Panjang, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), membangun jalan baru sepanjang delapan kilometer di daerah itu.

Jalan baru selebar lima meter yang dibangun berkat sumbangan H. Muhammad Kasmir ini kini telah terbuka sekitar 1,2 kilometer.

Menurut Kasmir, jalan yang dibangun itu melewati kawasan lahan pertanian yang cukup luas. Sehingga masyarakat tidak susah lagi mengangkut hasil pertaniannya dan dapat mengurangi pengeluaran untuk upah dan biaya transportasi.


Untuk saat ini kata Kasmir, dirinya baru sanggup membuka jalan baru sepanjang delapan kilometer.

“Pembukaan jalan ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat, sehingga banyak yang bersedia membebaskan lahannya untuk dijadikan jalan,” kata dia, Kamis (31/1/2019).

Yanti, salah seorang warga Parik Panjang mengaku senang dengan dibukanya jalan baru di wilayah itu. Sebab kata dia, jalan tersebut persis berada di kawasan pertanian masyarakat.

Ia mengatakan, dengan keberadaan jalan ini dapat mengurangi pengeluaran karena sudah ada akses terdekat.

“Sebelumnya untuk mengirim hasil pertanian saya mengeluarkan upah delapan ribu rupiah untuk satu karung padi. Sementara upah satu karung jagung adalah sebesar 15 ribu rupiah,” katanya pada www.sumbarfokus.com.

Sementara Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah turut mendukung langkah yang dilakukan Muhammad Kasmir di Nagari Persiapan Parik Panjang itu.

Bahkan Indra Catri telah mencanangkan goro badunsanak pembangunan jalan tersebut pada Rabu (30/1/2019).

Ia juga berkomitmen akan mengaspal hotmik apabila selesai tanpa ada halangan dan menjadikan lebar jalan itu selebar tujuh meter lengkap dengan drainase. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agamsumbar