Pelaku menunjukkan barang bukti. (Foto: Ist.)


Hukum

Penyalahgunaan Narkoba, 3 Warga Lintau Buo Ditangkap Polisi

BATUSANGKAR (SumbarFokus)

Tiga orang warga Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres setempat di Nagari Lubuak Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara, karena diduga penyalahgunaan narkotika golongan satu jenis shabu dan daun ganja gering. 

Para pelaku yang berinisial A (37), P (38), dan DF (21) tersebut ditangkap di rumah pelaku A, Jumar (21/8/2020) kemarin, sekira pukul 17.00 WIB.

Kasat Resnarkoba Polres Tanah Datar AKP Yaddi Purnama di Batusangkar, Minggu (23/8/2020), mengatakan bahwa penangkapan pelaku bermula dari informasi di masyarakat yang menyebutkan bahwa di rumah pelaku A sering dilakukan pesta narkoba.


Menindaklanjuti informasi tersebut, tim Resnarkoba Polres Tanah Datar langsung melakukan penggerebekan dan penggeledahan terhadap pelaku, yang disaksikan oleh walijorong dan beberapa warga setempat.

Pada penggerebekan tersebut, tim mengamankan pelaku A 37 dan P 38 yang diduga akan mengonsmusi barang haram tersebut di dalam rumahnya.

Hal itu juga diperkuat dengan ditemukan dua paket butiran kristal bening, yang diduga narkotika jenis shabu beserta alat hisap atau bong.

Di saat penggeledahan terhadap dua orang pelaku tersebut pelaku DF 21 datang ke lokasi dengan menggunakan sepeda motor.

"Karena merasa curiga, tim juga melakukan penggeledahan dan didapatkan satu paket daun ganja kering di dalam lipatan celana sebelah kiri yang dibungkus dengan kertas buku tulis serta satu paket shabu yang ditemukan di dalam lubang kaca spion sepeda motornya," sebut Kapolres.

Selanjutnya pelaku dan barang bukti diamankan ke Mapolres setempat untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut, dan dijerat Pasal 111 ayat (1) dan 112 ayat (1) Undang-Undang 35 tahun 2009 dengan kurungan penjara minimal empat tahun dan maksimal 12 tahun. (002)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      hukumsumbar