Awak media berpose bersama tim Humas PLN UIW Sumbar dalam momen Taragak Basuo, Rabu (6/3/2019), di Padang. (Foto: Ist.)


Ekonomi

Pencapaian Target Rasio Elektrifikasi Mentawai Terkendala Transportasi

PADANG (SumbarFokus)

Pencapaian target desa berlistrik di Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah 100 persen.  Hal ini merupakan satu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumatera Barat. Namun demikian, diakui, ada kendala tertentu yang menyebabkan pencapaian rasio elektrifikasi di daerah tersebut masih 62 persen. Belum semua rumah di desa-desa di Kepulauan Mentawai bisa menikmati terangnya listrik berkat aliran listrik dari PLN.

Hal tersebut diungkapkan oleh Senior Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) Yoserianto, didampingi Manajer Sub Bidang Komunikasi Remialis, di sela-sela diskusi hangat antara awak pers dengan tim dari PLN UIW Sumbar dalam momen Taragak Basuo, Rabu (6/3/1029), di Padang.

“Memang belum semua rumah di Mentawai sudah berlistrik. Kesulitan kita di transportasi,” kata Yose.


Digambarkan juga oleh Remialis, medan yang harus ditemput di Kepulauan Mentawai cukup berat. Meski demikian, tim PLN Sumbar tidak pernah patah semangat berjibaku dan terus berupaya untuk pencapaian rasio elektrifikasi yang ideal bagi daerah tersebut.

“Bayangkan, di desa terakhir yang kami terobos untuk mengalirkan listrik, daerah pedalaman di Mentawai, peralatan kami bawa dengan menggunakan perahu. Setiba di daratan, peralatan digotong bersama melalui jalan setapak. Sulit sekali,” tutur Remialis bercerita pada rekan-rekan pers.

Remialis menyebutkan, PLN UIW menargetkan rasio elektrifikasi bisa mencapai 100 persen.

“Kami menargetkan itu bisa dicapai di tahun ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan temu ramah tim humas  dengan awak media tersebut, pihak PLN UIW juga menyatakan rasa terimakasih kepada awak media atas perhatian terhadap PLN Sumbar dan kerjasama yang baik yang telah terjalin selama ini.

“PLN tidak akan bisa seperti ini tanpa ada Bapak dan Ibu. Terimakasih atas kerjasama  selama ini, semoga terjalin sampai ke depan. Silaturahmi  semoga tetap dijaga. Atas nama Manajemen, kami mengucapkan terimakasih,” ujar Yoserianto.

Para awak pers yang berasal dari berbagai media tersebut mengapresiasi yang disampaikan oleh pihak PLN UIW Sumbar. Upaya PLN UIW Sumbar dalam mempererat hubungan dengan media, disebutkan, merupakan cara yang tepat dalam upaya menyebarluaskan informasi mengenai kelistrikan sekaligus mengedukasi masyarakat terkait hal itu.

“PLN dan media massa merupakan satu kesatuan. PLN dan media massa bahkan sudah lama jalin kerjasama. Kami berapresiasi,” sebut wartawan dari Harian Singgalang, Sawir Pribadi, di siang yang penuh nuansa keakraban tersebut. (003)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018