Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat menerima sirih carano dalam kegiatan rembuk Penas KTNA 2020 di Padang, Sabtu malam (7/9/2019). (Foto: Wahyu)


Nasional

Penas KTNA 2020 Tinggal Menghitung Bulan

PADANG (SumbarFokus)

Kegiatan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-16 se-Indonesia tinggal menghitung bulan. Kendati demikian, masih banyak yang harus dipersiapkan untuk kelancaran iven nasional tersebut.

"Waktu kita hanya sembilan bulan lagi, dan ini iven besar yang harus dipersiapkan dengan matang," kata Sekretaris Jenderal KTNA Nasional Yadi Sofyan Noor saat Rembug Utama di Padang, Sabtu malam (7/9/2019). 

Ia mengatakan, kegiatan Pekan Nasional (Penas) KTNA akan dilaksanakan di Kota Padang pada Juni tahun 2020. Untuk itu, segera dilakukan pengecekan jumlah peserta yang akan hadir dari seluruh provinsi.


"Kita rencanakan tahun depan, bulan Juni. Makanya, kita harus bekerjasama untuk mensukseskannya. Apalagi, akurasi data peserta sangat penting, karena akan menyangkut dengan banyak hal, seperti penginapan, transportasi, dan hal-hal lainnya," ujar dia.

Sementara, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, sebagai gubernur tuan rumah, melaporkan, semenjak ditetapkannya Sumbar sebagai tuan rumah Penas KTNA 2020, pihaknya sudah beberapa kali melaksanakan rapat dan pengecekan langsung ke lokasi pelaksanaan bersama semua pihak terkait. 

“Mudah-mudahan Rembug ini akan memberikan rekomendasi, sehingga mendapatkan manfaat yang banyak, tentunya bagi tuan rumah. Terutama rekomendasi dari daerah yang sudah pernah menjadi tuan rumah, seperti Jawa Timur, Kaltim dan Aceh," ujarnya. 

Menurut Gubernur, Sumbar merupakan lokasi yang tepat untuk pelaksanaan Penas KTNA. Alasannya, karena Sumbar provinsi Agraris. Sekitar 690.000 KK di Sumbar bergerak di bidang pertanian, dan 7 kabupaten/kota dari 19 kabupaten dan kota merupakan daerah yang memiliki pantai, dengan mata pencaharian masyarakatnya sebagai nelayan.

“Semoga dengan Penas KTNA ini akan memberikan motivasi bagi petani dan nelayan di Sumbar, untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, karena salah satu rangkaian kegiatannya adalah gelar teknologi tepat guna," sebutnya.

Diketahui, tahun 2017, Penas KTNA diselenggarakan di Kota Banda Aceh, NAD. Saat itu, Irwan Prayitno menjadi satu-satunya gubernur yang menerima Satya Lencana Pembangunan Bidang Pangan, yang disematkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *