Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran bersama para mahasiswa asal Padang Panjang yang menjalani program Summer 2022 di The University of Arizona, Amerika Serikat. (Foto: Ist)


Pendidikan

Pemko Padang Panjang Jalin Kerjasama dengan The University of Arizona dan Sampoerna University

PADANG PANJANG (SumbarFokus)

Pemerintahan Kota (Pemko) Padang Panjang menyepakati kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan The University of Arizona Amerika Serikat dan Sampoerna University. 

MoU ditandatangani Walikota Padang Panjang Fadly Amran dengan pihak The University of Arizona Amerika Serikat dan Sampoerna University, Sabtu (18/6/2022) waktu setempat atau Minggu dinihari WIB (19/6/2022).

MoU itu dalam rangka kerjasama peningkatan kualitas pendidikan di Kota Padang Panjang. Rinciannya, pengiriman mahasiswa Sampoerna University yang berasal dari Kota Padang Panjang untuk program Summer 2022 di The University of Arizona, Amerika Serikat, peningkatan kualitas akademis mahasiswa, dan peningkatan pengetahuan di bidang budaya dan bahasa.


Wako Fadly Amran menyampaikan, kerjasama tersebut merupakan bentuk komitmen Pemko Padang Panjang terhadap pendidikan anak-anak Padang Panjang. Ia berharap mahasiswa asal Kota Padang Panjang itu dapat memaksimalkan waktu dan kesempatan selama di Amerika.

"Harapannya mahasiswa dapat memaksimalkan waktunya. Menggali ilmu dan pengalaman, serta dapat bersosialisasi dengan sesama mahasiswa di Arizona," ujarnya.

Usai melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU), Wako Fadly melakukan campus tour dan bertemu mahasiswa asal Padang Panjang di kampus University of Arizona. Dalam pertemuan itu, Wako Fadly menyemangati mereka untuk serius menjalankan program tersebut.

“Tetap semangat dan eksplorasi seluas-luasnya ilmu pengetahuan, pengalaman, dan hubungan dengan banyak orang selama menimba ilmu di kampus ini,” ajaknya.

Dikatakannya, sebagai mahasiswa Sampoerna University yang mendapat beasiswa atas kerjasama dengan Pemko Padang Panjang, pihaknya tidak akan mengikat para mahasiswa usai menjalani studi masing-masing. Mereka akan mendapatkan dual degree (dua gelar kesarjanaan-red) dari program pendidikan di dua universitas.

“Silahkan kembangkan potensi diri setelah menamatkan studi nantinya. Bisa saja menempuh pendidikan pascasarjana di dalam maupun di luar negeri, atau bekerja di bidang yang diminati masing-masing. Kami mendukung sepenuhnya pilihan adik-adik untuk maju dan mengharumkan nama kota kita,” tuturnya.


Kendati begitu, Fadly juga meminta 11 mahasiswa itu untuk menjadi panutan bagi pemuda di Padang Panjang yang juga berkeinginan menggapai prestasi seperti mereka. Belajar, berprestasi, dan mampu menggali potensi diri.

“Apa yang telah dicapai hari ini dan masa depan adalah usaha adik-adik semua. Pemko hanya memfasilitasi agar dunia pendidikan kita, anak-anak didik kita, warga Padang Panjang mampu meraih cita-cita terbaik,” ucap Fadly yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ali Thabrani.

Wako Fadly juga memotivasi mereka untuk dapat menginformasikan kegiatannya selama belajar di kampus melalui media sosial. Dengan begitu akan dapat mendorong pelajar-pelajar Kota Padang Panjang untuk mengikuti jejak mereka. 

Atas penyampaian Wako Fadly itu, para mahasiswa mengucapkan terimakasih atas perhatian besar Pemko Pdang Panjang taerhadap mereka.

“Terimakasih Pak Wali, kami makin bersemangat untuk belajar dan menggapai impian kami,” ujar Farhan Furqan mewakili teman-temannya.

Adapun 11 mahasiswa Padang Panjang yang mengikuti perkuliahan di University of Arizona, yaitu Aulia Zikrullah, Rusyda Hamidah, Fadhly Novrianda, Loly Adinda Putri, Mutia Rahmi, Atikah Rahmi, Putri Aditya, Frisca Octaviyana, Nurul Ikhwana Ardhi, Farhan Furqan, dan Rahmat Berliano Jeyhan. Mereka adalah mahasiswa tahun ajaran 2019/2020 yang menjalani kuliah di Sampoerna University, Jakarta, setelah lulus seleksi beasiswa Pemko Padang Panjang. 

Terpisah, Kabag Kesra setdako Padang Panjang Erwina Angreni, membenarkan adanya MoU beasiswa pendidikan S1 dengan Sampoerna University. 

“Sistemnya, 35 persen biaya ditanggung APBD dan 65 persen ditangung oleh Sampoerna,” ucapnya.

DIjelaskannya, tahun ini 11 mahasiswa dari Padang Panjang menikmati belajar di Arizona Amerika selama satu semester dan tujuh semester selanjutnya di University Sampoerna, Jakarta. (019)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021