Ilustrasi balimau. (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Pemkab Solsel Antisipasi Warga Balimau, Kedapatan akan Dibubarkan

PADANG ARO (SumbarFokus)

Kasat Sat Pol PP Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Epli Rahmat di Padang Aro, Senin (12/4/2021), menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melakukan patroli ke lokasi wisata untuk mengantisipasi kerumunan satu hari menjelang memasuki bulan Ramadan 1442 Hijriah. Menurutnya, Kebiasaan masyarakat Sumbar balimau menjelang Ramadhan juga berpotensi menimbulkan kerumunan. Oleh sebab itu dilakukan patroli ke lokasi wisata.

Dia mengatakan untuk melakukan patroli Sat Pol PP menurunkan 20 personel yang dibagi menjadi dua tim. Jika ditemukan keramaian akan dibubarkan. Dua tim yang diturunkan, satu tim patroli arah Selatan dan satu lagi ke Utara. Sedangkan selama Ramadan, rumah makan ditutup kecuali untuk masyarakat yang beragama non muslim.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan Harry Trisna mengatakan tetap membuka destinasi pemandian air panas hot water boom dengan menerapkan protokol kesehatan satu hari menjelang bulan suci Ramadhan.


"Tidak ada perintah tutup hot water boom jadi hari ini tetap kami buka dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Hanya saja katanya, pengunjung yang akan mandi di kolam jumlahnya dibatasi dan hanya 20 orang yang boleh masuk sekali mandi di satu kolam kemudian bergantian.

Untuk kolam pemandian katanya, ada lima dan diminta penjagaan oleh kepolisian setempat. Hot water boom merupakan satu-satunya destinasi wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah dan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      sumbar