Wakil Bupati Solok Selatan Drs H Abdul Rahman SH, MH beroto bersama seusai pelaksanaan upacara peringatan 17 Agustus ke-73 di kampus Akademi Komunitas Solok Selatan, beberapa waktu lalu. (ist)


Pendidikan

Pemkab Solsel Anggarkan 5,5 Miliar untuk Akademi Komunitas

PADANG ARO (SumbarFokus)

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat (Sumbar), mendukung keberadaan dan kelanjutan Akademi Komunitas Negeri yang ada di daerah itu.

Menurut Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman di Padang Aro, Rabu (26/9/2018), pemerintah daerah setempat pada tahun 2019 siap mengalokasikan dana sebesar Rp5,5 miliar untuk mendukung kemajuan Akademi Komunitas tersebut.

“Dana sebesar itu akan dipergunakan untuk pembangunan gedung Rp1 miliar dan Rp4,5 miliar untuk hotmix jalan menuju Akademi Komunitas agar akses ke kampus itu lebih mudah," Abdul Rahman.


Ia mengatakan, sebenarnya pemerintah daerah lebih memilih menjadi Politeknik daripada Akademi Komunitas, namun untuk itu perlu menunggu keputusan dari pusat.

"Dengan status Politeknik itu kita bisa membuka program Diploma tiga (DIII) dan bisa lebih leluasa membuka jurusan-jurusan sesuai dengan kebutuhan di daerah," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa sebenarnya kesuksesan seseorang tidak ditentukan darimana almamaternya, tetapi tergantung kompetensinya.

"Di Akademi Komunitas ini dosennya sangatlah kompeten, sehingga saya percaya lulusannya pun mampu bersaing dengan yang lain di dunia kerja," ujar Abdul Rahman.

Dikatakannya, mahasiswa Akademi Komunitas patut berbangga karena sudah berstatus sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan akreditasinya juga sudah B.

Ia juga menyebutkan bahwa pemerintah daerah setempat bersama Kementerian Tenaga Kerja tahun ini merencanakan mengirim 150 putra putri Solok Selatan bekerja ke Jepang dan 50 orang diantaranya dialokasikan untuk alumni Akademi Komunitas. (002)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018