Ilustrasi. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Pemkab Agam Butuh Ribuan ASN

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), kekurangan aparatur sipil negara (ASN) sebanyak 4.097 orang. Antara lain untuk tenaga pendidik atau guru, paramedis dan teknis.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Agam, Budi Prawiranegara  baru- baru ini menyebutkan, kekurangan ASN ini kebanyakan untuk tenaga pendidik atau guru dan paramedis. Tak hanya itu, kebutuhan akan tenaga teknis juga masih dibutuhkan Pemkab Agam.

“Kekurangan pegawai juga merata di seluruh organisasi perangkat daerah. Faktor penyebab kekurangan itu beragam, mulai dari banyak ASN yang memasuki masa pensiun dan banyaknya pegawai yang mendapat promosi naik jabatan,”ungkap Budi.


Disebutkannya lagi, minimnya kuota CPNS yang diperoleh Kabupaten Agam setiap tahun tak menutupi kebutuhan. Bahkan tahun 2019 hanya sebanyak 99 formasi.

”Hal itu tidak sebanding dengan jumlah pensiunan ASN setiap tahunnya yang mencapai 250 sampai 300 orang. Bahkan tahun ini tercatat sebanyak 237 orang ASN yang memasuki masa pensiunan dan 9 orang pensiun dini, ” jelas Kepala BKPSDM Agam tersebut.

Untuk menutupi kekurangan ASN tersebut, pihaknya sudah mengajukan kebutuhan ASN ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sebanyak 4.097 orang yang diusulkan untuk 4 tahun kedepan.

“Tahun 2020 ini saja, Pemkab Agam mengajukan permohonan penambahan ASN pada Kemenpan-RB sebanyak 583 orang, tahun 2021 sebanyak 693 orang, tahun 2022 sebanyak 995 orang, tahun 2023 sebanyak 936 orang dan tahun 2024 diajukan penambahan ASN sebanyak 890 orang,” ulas Budi. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam