Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda. (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Pelayanan Publik di Pemko Payakumbuh Tetap Berjalan Tanpa Libur Jelang dan Awal Ramadan

PAYAKUMBUH (SumbarFokus)

Ditegaskan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), Rida Ananda di Payakumbuh, Kamis (8/4/2021), bahwa Pelayanan publik saat jelang dan awal Ramadan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuhakan berjalan normal jelang dan awal Ramadan karena karena tiada libur yang diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) pada hari tersebut. Ditekankan, tahun ini memang tidak ada libur yang diberikan kepada ASN pada H-1 maupun awal Ramadan 1442 Hijriyah.

"Untuk aturan bagi ASN, selama Ramadan akan bekerja seperti biasa. Namun, kemungkinan jam kerjanya dikurangi seperti tahun sebelumnya," kata dia.

Dijelaskan, dengan tidak adanya libur pada jelang maupun awal Ramadan, seluruh pelayanan publik di lingkungan Pemkot Payakumbuh akan berjalan normal termasuk Mal Pelayanan Publik (MPP) di kantor Balai Kota Payakumbuh. Hingga saat ini memang belum ada aturan yang keluar terkait jam kerja ASN pada Ramadhan 1442 Hijriyah dan masih menunggu edaran dari Pusat.


"Kalau sudah ada edaran dari Kementerian nantinya, kita di Pemko Payakumbuh juga akan menyiapkan edaran untuk ASN kita," ujarnya.

Jika berkaca dari tahun sebelumnya, sambung Rida ASN pada saat Ramadan akan masuk pada pukul 08.00 WIB dan pulang pada 15.30 WIB.

"Kalau di hari biasa kan jam kerja masuk pada pukul 07.30 WIB dan pulang pada 16.00 WIB, kemungkinan pada tahun ini akan tetap sama dengan tahun sebelumnya," kata dia.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan pada jelang dan awal Ramadhan untuk memastikan seluruh ASN bekerja dan memberikan pelayanan seperti biasanya. Bagi ASN yang nantinya tidak hadir, baik di jelang maupun saat Ramadhan akan dikenakan sanksi PP 53 Tahun 2010 tentang disiplin ASN.

"Jadi tetaplah mengikuti aturan, baik saat masuk kantor, waktu istirahat, dan pulang kantor. Jangan ada yang mencari-cari kesempatan dalam bentuk apapun, kita harus bekerja dengan maksimal," imbau dia. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      payakumbuhsumbar