Wagub Sumbar Nasrul Abit saat menghadiri ujian psikologis pejabat Eselon II di lingkup Pemprov Sumbar diuji oleh tim dari Psikolog Universitas Indonesia (UI), Senin (9/9/2019). (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Pejabat Eselon II Pemprov Sumbar Diuji Tim Psikolog UI

PADANG (SumbarFokus)

Seluruh pejabat Eselon II di lingkup Pemprov Sumbar diuji oleh tim dari Psikolog Universitas Indonesia (UI), Senin (9/9/2019), di Auditorium Gubernur. Pengujian ini bertujuan untuk mengukur individu dan juga kerjasama tim dalam berorganiasi.

"Pejabat eselon II ini dilakukan ujian psikologis oleh UI dengan mengisi seluruh kuesioner yang diberikan. Nanti hasilnya dapat menjadi evaluasi, bisa mengetahui kelebihan atau kekurangan diri sendiri serta kerjasama dalam tim," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar Abdul Gafar saat ditemui SumbarFokus.

Seusai Workshop Penguatan Kerjasama Tim bagi Eselon II itu ia juga mengatakan, dengan adanya penilaian tes psikologis akan menumbuhkan kerjasama tim bagi OPD yang ada di Sumbar. Pasalnya, selama ini setiap OPD cenderung kerja sendiri-sendiri atau individual.


"Kita dalam berorganiasi itu tidak bisa kerja sendiri. Pekerjaan itu dimulai dari staf hingga pimpinan. Maka, dengan adanya uji psikologis ini akan membentuk karakter membangunan kerjasama tim. Istilah kerja sendiri itu dalam berorganisasi tidak ada lagi," katanya.

Lanjut Gafar, bagi kepala OPD yang tidak hadir dalam pengisian kuesioner ini boleh menyusul nanti.

"Jadi ada beberapa kepala OPD yang tidak dapat hadir, karena ada kegiatan lain. Nanti akan dikirimkan untuk mereka isi kuesioner ini," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wagub Sumbar Nasrul Abit mengungkapkan, dengan melakukan tes psikologis ini, para pejabat dapat mengenali diri dahulu sebelum mengenali orang lain. Disebutkan, kebanyakan pejabat belum dapat mengenali diri sendiri.

Menurutnya, tes psikologis ini dapat menjadi bahan bagi setiap OPD untuk lebih mengenali diri, baik dari segi kemampuan, kelebihan, kekurangan, dan lainnya. Hasil pengujian ini diharapkan bisa membantu setiap OPD melakukan penguatan kapasitas.

“Tes ini juga dapat menjadi bahan atau indikator bagi pimpinan sebagai bahan promosi ditinjau dari faktor psikologisnya," kata Wagub. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *