Pegawai Kejaksaaan Negeri Pasaman Barat mengikuti uji usap. (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Pegawai Kejari Pasbar Ada yang Terjangkit COVID-19, Puluhan Lainnya Diuji Usap

SIMPANG EMPAT (SumbarFokus)

Sebanyak 88 orang pegawai Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), dan masyarakat umum melakukan tes usap atau swab test COVID-19, Jumat (11/9/2020).

"88 orang itu merupakan pegawai Kejaksaan, keluarganya, dan masyarakat umum. Tes usap itu dilakukan terkait adanya seorang pegawai kejaksaan yang positif COVID-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat.

Dijelaskan, 88 orang itu merupakan orang yang yang kontak erat dengan pasien positif sebelumnya dan orang yang siap melakukan perjalanan keluar daerah. Tes usap dilaksanakan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Pasaman Barat oleh tim kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).


Ia menyebutkan sampel tes usap itu langsung dikirim ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang untuk diperiksa lebih jauh.

"Diharapkan bagi warga yang telah tes usap menjalani isolasi mandiri dahulu di rumah sambil menunggu hasil dari Laboratorium Unand untuk jaga-jaga dari kemungkinan terburuk," jelasnya.

Ia juga berharap kepada warga yang merasa pernah kontak dengan pasien positif atau pelaku perjalanan agar melapor ke petugas kesehatan untuk dilakukan tes usap.

Diketahui, hingga Jumat (11/9/2020), pasien positif di Pasaman Barat mencapai 36 orang. Sebanyak 18 di antaranya sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani tes usap ulang kembali.

Gina meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dengan tetap menjaga jarak, memakai masker, dan sering mencuci tangan. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      covidsumbar