Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Gebyar Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi di Padang, Rabu (21/11/2018). (Foto: Wahyu)



Peduli Lingkungan, Pemprov Sumbar Sokong Adiwiyata Sekolah

PADANG (SumbarFokus)

Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengungkapkan rasa puasnya karena dalam lima tahun terakhir ini perkembangan sekolah Adiwiyata di provinsi ini menunjukan hasil yang sangat baik. Apalagi telah ikutsertanya semua kabupaten dan kota yang ada di Sumbar.

"Akhir tahun 2017 sudah ada 550 sekolah yang melaksanakan program Adiwiyata di Sumbar, dan terus kita sokong," ujarnya saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Gebyar Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi di Padang, Rabu (21/11/2018).

Disebutkannya, dengan adanya program Adiwiyata ini diharapkan terciptanya lingkungan sekolah yang bersih, sehat, hijau, asri, dan kawasan lingkungan yang tertata dengan rapi. Sekaligus katanya, adanya sekolah Adiwiyata ini juga bisa menjadi sarana edukasi pendidikan.


"Para siswa dapat belajar bagaimana membangkitkan kepedulian terhadap lingkungannya. Dengan itu mereka dapat menerapkannya di daerah tempat tinggalnya masing-masing," lanjutnya.

Selain itu dirinya telah mendapatkan informasi bahwasanya sekolah Adiwiyata sudah mampu mengembangkan kurikulum sekolah dengan mengintegrasikan lingkungan dalam setiap mata pelajarannya. Bahkan sekolah mengembangkan kepeduliannya dengan menciptakan sarana prasarana ramah lingkungan.

"Diantaranya bank sampah, pengomposan, pemanfaatan tempat sampah terpilah, daur ulang sampah dan sarana ramah lingkungan lainnya  dapat menanggulangi permasalahan lingkungan di sekolah," papar Irwan.

Tentunya banyak aksi yang dilakukan terhadap lingkungan yang telah diimplementasikan dengan berbagai kegiatan, artinya sekolah memilik peran strategis dalam pendidikan lingkungan di masyarakat. Ia menegaskan, ke depannya program ini perlu lebih dikembangkan di seluruh Sumbar.

Bahkan tahun 2018 ini program Adiwiyata sudah menjangkau 19 kabupaten dan kota. Makanya, diharapkan seluruh sekolah yang berjumlah sekitar 5.300 sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama, maupun sekolah lanjutan atas untuk bisa mengikuti program ini.

"Program Adiwiyata ini sebagai upaya menciptakan generasi muda Sumbar yang cinta dan peduli lingkungan," pungkasnya.

Kita Peduli!

Berdasarkan informasi, sesuai SK Gubernur ada beberapa sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Sumbar tahun 2018, yakni ada empat SLTA, 15 untuk SLTP, serta lima sekolah MTsN. Kemudian untuk tingkat SD ada 26 sekolah, dan dua sekolah MIN.

Sementara itu penerima penghargaan Kalpataru tingkat provinsi terdiri dari lima penerima, yakni Zofrawandi, LA Adventure Nyarai, Turtle Sea Jambak, Laskar Pemuda Peduli Lingkungan dan Cinta Bahari Nusantara. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021